Pameran adalah suatu kegiatan penyajian suatu karya untuk dikomunikasikan sehingga dapat diapresiasikan oleh masyarakat luas. Sudah tidak asing lagi dengan kata pameran, karena hampir setiap bulan bahkan minggu dapat menyaksikan pameran. Beragam jenis produk yang ditawarkan, memberi banyak pilihan bagi pengunjung yang terlibat.Â
Secara umum, pameran dikelompokkan dalam 2 kategori berdasarkan tujuannya yaitu pameran seni dan pamerana dagang. Pameran seni bertujuan proses apresiasi / sosialisasi sebuah program / produk. Pameran dagang biasanya dirancang untuk membentuk pasar yang direkayasa, promosi terhadap pameran dilakukan secara gencar dan besar -- besaran.
Tujuan dalam artikel ini adalah untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan bagi mahasiswa karena jika selesai kuliah nanti saat sulit mendapatkan pekerjaan ada alternatif lain untuk mendapatkan uang, salah satunya dengan mengadakan pameran fisika. Apa saja yang akan ada di pameran? Bisa saja terdapat alat -- alat peraga fisika, pemandu praktikum fisika, dan lain sebagainya.
Manfaat yang didapatkan selain mahasiswa dapat belajar mengenai kewirausahaan, mahasiswa juga dituntut untuk berani dalam mengambil keputusan, salah satu contohnya adalah harga dari yang ada dalam pameran.
Â
Harus Apa Ketika Belum Dipanggil Kerja?
Ketika sudah mengirimkan surat lamaran kerja ke sebuah instansi pendidikan atau perusahaan, pasti sangat diinginkan untuk mendapatkan jawaban sesegera mungkin. Pada umumnya, waktu menunggu jawaban atas surat lamaran adalah sekitar 3 -- 4 minggu. Namun, bagaimana kalau ternyata sudah melamar tetapi belum dipanggil juga?
Melakukan pameran dari apa yang telah dipelajari saat masih kuliah adalah salah satu solusi untuk menunggu saat belum dipanggil kerja. Kusumastuti (2009) menyatakan bahwa terdapat delapan langkah dalam mengembangkan program komunikasi pemasaran secara efektif, masing-masing adalah sebagai berikut :
- Mengidentifikasi audiens yang dituju
- Menentukan tujuan komunikasi tersebut
- Merancang pesan
- Memilih saluran komunikasi ( personal / non personal )
- Menentukan total anggaran promosi
- Membuat keputusan atas bauran promosi (Marketing Mix)
- Mengukur hasil promosi tersebut
- Mengelola dan mengkoordinasikan proses komunikasi pemasaran terintegrasi
Saat Ini Pandemi, Apa yang Harus Dilakukan?