Mohon tunggu...
Vina Serevina
Vina Serevina Mohon Tunggu... Dosen - Dosen Universitas Negeri Jakarta

Pengajar Mata Kuliah Pengembangan Bahan Ajar

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno Pilihan

Ternyata Lampu Lalu Lintas Menerapkan Konsep Kesetimbangan Benda Tegar Loh!

12 April 2022   23:15 Diperbarui: 28 April 2022   12:02 827 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Gambar 1. Sumber : https://harianmandiri.wordpress.com/

Oleh: Dr. Ir. Vina Serevina, M.M., Muhammad Imam Mauludin, Pendidikan Fisika UNJ Angkatan 2019

Dalam kehidupan sehari-hari, tidak semua benda yang ditemukan selalu bergerak. Sebelum bergerak, benda harus diam, dan setelah bergerak, benda mungkin perlu berhenti. 

Selain itu, ada juga benda yang selalu diam atau didesain untuk diam. Seperti halnya lampu lalu lintas ini. Sebelum membahas tentang keseimbangan semaphore, kita perlu mengetahui terlebih dahulu  apa itu keseimbangan benda tegar dan  benda tegar.

Benda tegar adalah benda yang ketika diberi gaya dan kemudian dihilangkan, tidak berubah bentuk atau ukurannya. Tentu saja gaya yang bekerja pada benda tersebut dijaga dalam batas yang wajar, sehingga  gaya tersebut tidak menyebabkan kerusakan pada benda tersebut. Objek yang melekat padanya dan penting untuk diingat bahwa objek itu sendiri terdiri dari partikel-partikel kecil.

Benda tegar berada dalam kesetimbangan statis ketika berada dalam kesetimbangan translasi dan  rotasi.

  • Kesetimbangan translasi terjadi waktu akselerasi gerakan benda nol sebagai akibatnya resultan gaya nol.
  • Kesetimbangan rotasi terjadi bila besarnya akselerasi sudut benda merupakan nol sebagai akibatnya resultan torsi nol.

Kesetimbangan benda tegar merupakan syarat dimana suatu benda pada ekuilibrium rotasi artinya  benda tidak mengalami rotasi/pergerakan. Keseimbangan merupakan kemampuan buat mempertahankan posisi kesetimbangan tubuh waktu ditempatkan dalam aneka macam posisi. 

Begitu pula menggunakan lampu lalu lintas. Pemasangan lampu lalu lintas wajib  adanya ekuilibrium agar lampu mampu dipasang dengan benar. bagaimana penerapan kesetimbangan benda tegar dalam lampu lalu lintas?

Tujuan penulisan artikel ini adalah sebagai penyalur pikiran penulis beserta ilmu dari sumber--sumber lainnya dalam bentuk artikel. Manfaat dari penulisan ini saya harap pembaca dapat menambah wawasan dan pengetahuan baik mengenai konsep kesetimbangan benda tegar terutama pada lampu lalu lintas.

Pada waktu kalian melintas pada jalanan, kalian niscaya melihat lampu lalu lintas yg berada pada pinggir sepanjang jalanan. coba kalian perhatikan bentuk dari pemasangan lampu lalu lintas yang ada di pinggir jalan? Mengapa dibuat desain begitu? Pastinya mempunyai alasan tersendiri demi keselamatan rakyat yg melintasi jalanan. Ini adalah pelaksanaan menurut penerapan pembelajaran fisika yaitu kesetimbangan benda tegar.

Pada lampu lalu lintas  tali pengait yg menghubungkan tiang menggunakan btg yg dipasangi lampu lalu lintas. Padahal batang tadi dibentuk berdasarkan besi yg seharusnya sudah kukuh. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan