Mohon tunggu...
Viktorinus Rema Gare
Viktorinus Rema Gare Mohon Tunggu... Guru - Pengawas Sekolah

Apa adanya dan melihat orang lain bahagia dari setitik kontribusi yang bisa ku beri adalah kepuasan batin tak terukur. Mempelajari sesuatu yang baru adalah tantangan tersendiri seabagai wujud niat hati untuk terus berevolusi bahwa hidup ini tidak statis namun dinamis.

Selanjutnya

Tutup

Analisis Pilihan

Pemilih Pemula di Pilpres 2024: Membangun Partisipasi Demokrasi Generasi Muda

14 November 2023   18:52 Diperbarui: 14 November 2023   19:00 232
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024   adalah satu dari sekian momen penting dalam sejarah negara ini. Namun, salah satu aspek yang mendapat perhatian khusus adalah peran pemilih pemula, yaitu mereka yang baru pertama kali akan memberikan suara mereka dalam proses demokrasi ini. Partisipasi aktif pemilih pemula memiliki dampak besar tidak hanya pada hasil pemilihan, tetapi juga pada arah masa depan bangsa.

Pentingnya Peran Pemilih Pemula

Pemilih pemula, yang umumnya berusia antara 17 tahun hingga 24 tahun, merupakan kelompok masyarakat yang mewakili masa depan negara. Partisipasi mereka dalam Pilpres adalah kunci untuk membangun demokrasi yang kuat dan responsif terhadap aspirasi generasi muda.

Tantangan yang Dihadapi Pemilih Pemula 

Banyak pemilih pemula mungkin menghadapi tantangan dalam memahami proses pemilihan dan perbedaan antar calon. Selain itu, mereka mungkin belum sepenuhnya menyadari dampak suara mereka terhadap kebijakan dan arah pembangunan nasional.

Pendidikan Politik sebagai Kunci 

Kesadaran pemilih  akan pentingnya pendidikan politik tidak dapat diragukan lagi. Melalui pendekatan ini, pemilih pemula dapat diberikan pemahaman yang lebih baik tentang demokrasi, peran mereka dalam proses pemilihan, dan bagaimana suara mereka dapat membentuk masa depan negara.

Keterlibatan Digital dan Sosial Media

Dalam era teknologi, keterlibatan digital, terutama melalui sosial media, memiliki peran yang signifikan dalam membentuk opini dan pandangan pemilih pemula. Oleh karena itu, perlu ada upaya untuk menyampaikan informasi yang akurat dan seimbang agar pemilih pemula dapat membuat keputusan yang informasional dan bijak.

Diskusi dan Dialog sebagai Sarana Pendidikan Politik

Mengadakan diskusi dan dialog terbuka tentang isu-isu penting dalam pemilihan dapat membantu pemilih pemula untuk memahami secara mendalam visi dan misi calon serta implikasi kebijakan yang diusulkan. Dialog semacam ini juga menciptakan ruang untuk bertanya dan berbagi pandangan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Analisis Selengkapnya
Lihat Analisis Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun