Mohon tunggu...
Vika Safitri
Vika Safitri Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Semangat Belajar dalam Pembelajaran Daring

25 Juli 2021   17:31 Diperbarui: 25 Juli 2021   17:33 54 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Semangat Belajar dalam Pembelajaran Daring
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Semangat Belajar Dalam Pembelajaran Daring

Hampir di seluruh negara di dunia terkena dampak Covid-19, dan seperti yang kita tahu negara kita pun mengalami Pandemi Covid-19 dan sudah dibilang lebih dari satu tahun negara kita belum pulih dalam kasus Covid-19 ini. 

Di masa Pandemi saat ini sangat mengubah berbagai aspek kehidupan manusia, salah satunya aspek pendidikan. Banyak sekolah mengikuti anjuran pemerintah dengan cara ditutup atau melakukan pembelajaran melalui daring untuk meminimalisir penyebaran Covid-19. Oleh karena itu, dampak Covid-19 pada aspek pendidikan sangat dirasakan oleh guru, siswa, dan orang tua siswa.

Selama satu bulan saya sebagai mahasiswa UPI yang mengikuti kegiatan KKN Tematik Membangun Desa Melalui Bidang Pendidikan yang bertempat di SDN Cipondoh 4 , Kecamatan Cipondoh, Kota Tangerang. Program KKN Tematik yang dilaksanakan satunya adalah melakukan pendampingan pada guru, siswa dan orang tua siswa. Program pendampingan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran daring yang lebih efektif.

Untuk menjalankan program hal pertama yang dilakukan untuk pendampingan pembelajaran daring adalah komunikasi terlebih dahulu kepada pihak Kepala Sekolah dan guru wali kelas tentang pembelajaran tematik yang akan dibahas dalam pembelajaran. 

Setelah itu, baru melaksanakan program dengan membuat media pembelajaran berupa video yang akan membuat siswa lebih paham karena isi dalam video memberikan informasi yang menyenangkan, menarik dan jelas. 

Video tersebut langsung dikirim melalui WhatssApp Group. Membuat media pembelajaran harus di fokuskan pada jenjang sekolah dan materi yang sesuai dengan RPP agar pembelajaran dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan tujuan pembelajaran.

Setelah itu, saya membuat sosialisasi penguatan pembelajaran daring pada orang tua agar anak mereka rajin dalam belajar agar menjadi anak yang cerdas di kemudian hari. Saya memberikan beberapa tips agar orang tua bisa mendampingi anak belajar dirumah dengan cara yang menyenangkan disitulah peran orang tua sangatlah penting untuk pembelajaran daring saat ini.

Berikut tips belajar sehat selama dirumah:

  • Tanamkan Motivasi yang Kuat
  • Mengkondisikan Tempat Belajar yang Aman dan Nyaman
  • Membuat Jadwal Belajar Harian
  • Jangan Malu Untuk Bertanya
  • Tetap Menjaga Kesehatan Selama Belajar

Peran orang tua dalam pembelajaran daring:

  • Mengontrol jadwal kegiatan online anak
  • Pastikan anak belajar dengan aman dan efektif
  • Usahakan fasilitas belajar online tersedia
  • Luangkan waktu untuk mendukung proses pembelajaran anak
  • Luangkan waktu untuk membantu anak ketika mengalami kesulitan dalam pembelajaran
  • Diskusi dengan guru atau wali kelas mengenai proses bahkan kesulitan dalam pembelajaran daring
  • Berikan kesempatan anak untuk beristirahat dan mengembangkan hobinya
  • Berikan apresiasi saat anak lelah menyelesaikan tugasnya

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN