Mohon tunggu...
Vika Elvira Karami
Vika Elvira Karami Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa di Universitas Negeri Malang

Let Your Failures Inspire You

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Mengajar di Sekolah: Program Center of Excellence (CoE), Tidak Hanya Mengajar, Tetapi Belajar Banyak Hal

23 Oktober 2021   18:40 Diperbarui: 23 Oktober 2021   19:12 207 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Kegiatan pembelajaran luring di SMA Islam Al-Ma'arif Singosari dilakukan secara  bergantian menggunakan sistem ganjil genap./Dokpri

Pemerintah melalui Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan terus berkomitmen untuk meningkatkan kualitas lulusan pendidikan tinggi yang sesuai dengan kebutuhan dunia kerja di masa depan. Salah satunya melalui kebijakan “Merdeka Belajar - Kampus Merdeka (MBKM)”. 

Program MBKM ini membutuhkan program studi yang memiliki pusat keunggulan dalam mengimplementasikan program MBKM tersebut sehingga dapat menjadi contoh bagi program perguruan tinggi lainnya. Untuk itu, Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi membuat program bantuan Program Studi Menjadi Center of Excellence (CoE) Merdeka Belajar – Kampus Merdeka yang salah satunya dilaksanakan oleh Jurusan Sastra Arab Universitas Negeri Malang.

Salah satu program dari Center of Excellence (CoE) yang ditawarkan oleh Jurusan Sastra Arab Universitas Negeri Malang adalah Mengajar di Sekolah. Dalam program ini, Jurusan Sastra Arab bekerjasama dengan beberapa lembaga yang ada di Malang, maupun diluar Malang. Salah satu mitra yang bekerjasama dengan Jurusan Sastra Arab adalah SMA Islam Al-Ma'arif Singosari. 

Program ini dimulai pada tanggal 9 Agustus 2021, yang diawali dengan penyerahan mahasiswa kepada lembaga sekolah yang bersangkutan, melalui zoom meeting yang diikuti oleh Ketua Jurusan Sastra Arab Universitas Negeri Malang, dosen pembimbing lapangan, kepala sekolah, guru pendamping lapangan, serta mahasiswa Jurusan Sastra Arab yang terlibat dalam kegiatan Mengajar di Sekolah. 

Setelah acara penyerahan kepada sekolah, mahasiswa Jurusan Sastra Arab yang mengikuti kegiatan Mengajar di Sekolah melaksanakan pembekalan yang dibina oleh dosen-dosen Jurusan Sastra Arab yang kompeten di bidangnya. 

Pembekalan ini dilakukan agar mahasiswa lebih siap ketika terjun secara langsung untuk mengajar. Selain mendapatkan bekal mengenai pembelajaran berkaitan dengan qiro'ah, istima', kalam, kitabah, mufrodat, dan tarkib, mahasiswa juga melaksanakan kegiatan micro teaching, yang bertujuan untuk menguji kesiapan mahasiswa sebelum mengajar di sekolah.

Pada tanggal 16 Agustus 2021, mahasiswa mulai diterjunkan langsung ke sekolah mitra untuk melakukan kegiatan observasi awal dan juga menyusun perangkat pembelajaran seperti silabus, RPP, Prota, Promes, dan juga materi beserta media pembelajaran yang akan digunakan. Di SMA Islam Al-Ma;arif Singosari, mahasiswa tidak hanya mengajar, tetapi juga belajar mengenai administrasi sekolah, seperti  menulis data siswa di buku legger, menginput resensi dan juga cover buku di e-library PINTERS (Perpustakaan Informasi dan Literasi Sekolah)  SMA Islam Al-Ma'arif Singosari.

Program Mengajar di sekolah Center of Excellence ini, sangat bermanfaat untuk mahasiswa, dimana mahasiswa bisa mengetahui secara langsung keadaan sekolah, berinteraksi secara langsung dengan siswa, mempelajari karakteristik siswa yang berbeda-beda, apalagi di SMA Islam Al-Ma'arif Singosari tergolong unik, dimana kurang lebih 40% siswanya merupakan santri di beberapa ponpes yang ada di Singosari. 

Hal ini menjadi tantangan tersendiri, bagi kami sebagai mahasiswa yang mengajar mata pelajaran Bahasa Arab, dimana kami harus menyesuaikan cara belajar siswa yang 'mondok' yang tentunya sudah memiliki dasar bahasa Arab dan juga beberapa siswa yang belum pernah sama sekali belajar bahasa Arab. 

Selain mengajar mata pelajaran Bahasa Arab, kami juga mendampingi siswa yang mengikuti Kompetisi Bahasa Arab Nasional dan mendampingi ekstrakurikuler Arabic Club yang ada di SMA Islam Al-Ma'arif Singosari.

Setelah mengikuti program Mengajar di Sekolah, Center of Excellence (CoE) ini, mahasiswa akan mendapatkan pelajaran dan juga pengalaman. Baik yang berkaitan dengan dunia pendidikan maupun tidak, yang nantinya akan berguna di masa yang akan datang. Penulis berharap, kegiatan ini akan terus dilaksanakan pada tahun selanjutnya. Tentunya dengan pembekalan dan sistem yang lebih baik kedepannya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan