Mohon tunggu...
Vika Nailul Izza
Vika Nailul Izza Mohon Tunggu... mahasiswa

Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN SUKA 2020 20107030107 dibuat untuk memenuhi tugas kuliah

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Mengungkap Sejarah Ratu Cleopatra! Si Pembuat Lipstik Zaman Mesir Kuno hingga Era Victoria

19 Maret 2021   17:40 Diperbarui: 19 Maret 2021   17:44 145 5 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mengungkap Sejarah Ratu Cleopatra! Si Pembuat Lipstik Zaman Mesir Kuno hingga Era Victoria
https://lifestyle.okezone.com/

Di dunia, tidak hanya ada hari peringatan ulang tahun saja, loh! Tetapi siapa yang menyangka bahwa, hari Lipstik Internasional itu juga ada! Tepatnya tanggal berapa sih? Ada yang tahu guys? Yup! Tanggal 29 Juli memang ditetapkan sebagai hari Lipstik Internasional

Wow! Mengapa bisa ada hari perayaannya? Nih, kita kasih tahu ya, karena pembuatan lipstik sendiri memiliki sejarah panjang dari zaman Mesir Kuno sampai saat ini yang telah digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia. 

Maka dari itu, tanggal 29 Juli sudah menjadi hari lipstik internasional bagi seluruh negara di dunia. Nah, mari kita lebih perdalam lagi, mengetahui gimana perkembangan lipstik dari zaman ke zamannya ya guys!

Bagi perempuan, lipstik memang digunakan sebagai pelengkap atau yang utama jika kita berias diri. Mengapa tidak? Karena, mereka rela tidak menggunakan riasan lainnya seperti mascara, foundation, dan yang lainnya, tetapi bagian bibir harus menggunakan barang yang satu ini agar muka tidak kelihatan pucat. 

Dan asal kalian tahu, lipstik ini memang sudah diciptakan sejak zaman prasejarah guys! Yup, memang. Pada masa itu, orang- orang ingin tampil yang berbeda tidak hanya dari perhiasan, peralatan, pakaiannya yang mereka pakai, tetapi mereka terus menciptakan bahan cosmetic alami yang bisa mereka gunakan pada saat itu. Simak penjelasannya ya guys!

Jika kalian tahu, lipstik memang merupakan salah satu pelengkap kecantikan yang banyak digunakan kaum hawa di seluruh dunia tak terkecuali Indonesia untuk saat ini. Lipstik sendiri menurut para sejarawan cosmetic memang sudah ada sejak 3.500 tahun Sebelum Masehi loh! Sudah lama sekali ya. 

Bagi sebagian orang  zaman dahulu, mereka mempercayai bahwa lipstik itu sendiri diciptakan oleh bangsa Sumeria Kuno. Akan tetapi, bagi sebagian lainnya, mereka meyakini bahwa lipstik itu diciptakan pada zaman Mesir Kuno dan yang digunakan oleh Ratu  Cleopatra

Jika kalian mengetahui sejarahnya lebih dalam, lipstik ini bisa digunakan untuk membedakan kasta pada zaman Cleopatra. Mulai dari simbol untuk para bangsawan yang mengungkapkan keberanian hingga banyak juga yang menganggap rendahan.

https://www.stylecracker.com/
https://www.stylecracker.com/
Sejarah lipstik untuk siapa yang membuatnya, memang masih simpang siur kebenarannya. Untuk sebagian orang lagi bahkan percaya bahwa lipstik ini memiliki sejarah dan dimulai oleh bangsa Sumeria kurang lebih tahun 5.000 tahun yang lalu. 

Mereka menggunakan batu permata yang merupakan dasar untuk pembuatan lipstiknya dengan cara batu itu diremukkan dengan tambahan timah putih yang kemudian diaplikasikan ke wajah, terutama bagian bibir dan kelopak mata.

Sementara itu, lisptik ini juga sudah dipercaya untuk pertama kalinya diciptakan dan digunakan oleh bangsa Mesir Kuno yaitu Ratu Cleopatra. Di zaman Cleopatra pun, lipstik hanya diperkenankan untuk digunakan oleh para bangsa yang elit Mesir Kuno baik itu laki- laki maupun perempuan sebagai tanda status sosial mereka.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x