Mohon tunggu...
Vika Nailul Izza
Vika Nailul Izza Mohon Tunggu... mahasiswa

Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN SUKA 2020 20107030107 dibuat untuk memenuhi tugas kuliah

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

WOW! Ini Dia "Cheesecake Creamy Dessert New York Abad 19"

13 Maret 2021   13:50 Diperbarui: 13 Maret 2021   13:54 107 5 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
WOW! Ini Dia "Cheesecake Creamy Dessert New York Abad 19"
kawaiibeautyjapan.com

Selama ini, kalian mengetahui dessert cheesecake itu  berasal darimana guys? Jika kalian beranggapan bahwa negara Indonesia yang mencetuskan, jawabannya, salah! Hehe.

Lalu, darimana asal cheesecake ini? Apakah berasal dari negara Amerika ? Yup, benar sekali! Dessert cantik ini memang berasal dari New York, Amerika loh! Terus, disini siapa sih yang tidak tergoda dengan makanan ini? Pastinya, semua orang akan tergoda dengan kelembutan, rasa manis dan gurih serta segarnya topping diatasnya bukan? Terlebih lagi untuk kalian pecinta dessert berbahan dasar keju, pastinya akan tidak berhenti memakannya ya. 

Cheesecake ini memangg cocok dinikmati sambil ditemani dengan secangkir coffee hangat di pagi hari maupun sore hari dengan pemandangan yang cukup indah di depan mata. Jika tidak, bisa kalian nikmatin pula di kafe sambil bercengkerama dengan teman ataupun saudara. Sungguh seru ya!

Terbuat dari apakah cheesecake itu? Atau defisinya apa sih? Cheesecake dessert ini bisa diartikan sebagai  kue yang biasanya kita makan sebagai hidangan penutup setelah hidangan utama, dan dibuat dengan mencampurkan keju yang bertekstur lembut, telur, susu, dan gula sesuai keinginan. Dessert ini umumnya diberi hiasan buah segar, cream, dan taburan gula. Bagian dasar bawah dari cheesecake ini biasanya dilengkapi dengan biskuit , kacang yang ditumbuk, ataupun bahan lainnya yang bertekstur rapuh dan mudah hancur.

Cheesecake tergolong ke dalam bolu, kue atau pie? Nah ! Banyak yang mengetahui bahwa dessert cantik ini termasuk ke dalam kue dan bolu, tetapi ternyata itu salah guys. Hehe.. Cheesecake ini dikategorikan sebagai pie atau custard, yaitu  campuran susu dan telur yang dioven atau dimasak dengan air yang panas dan menjadi kental akibat proses perubahannya protein dari telur. 

Apakah cheesecake harus dipanggang terlebih dahulu? Tidak dong! Dessert ini bisa dipanggang maupun tidak, dan tidak diharuskan untuk dipanggan dahulu. Nah! Jika kalian menggunakan telur,untuk mematangkan telur itu, cheesecake yang kalian buat harus dipanggang agar matangnya sempurna. Dan setelah dipanggang maupun tidak, sebaiknya cheesecake harus disimpan di lemari es sebelum kalian sajikan ya!

https://www.recetasnestle.com.ar/recetas/postres/cheesecake
https://www.recetasnestle.com.ar/recetas/postres/cheesecake
Selanjutnya, oleh Bangsa Yunani Kuno lah cheesecake dessert ini pertama kali dibuat. Tidak hanya cheesecake dari Yunani yang terkenal di negara itu melainkan ada cheesecake Apician yang dibuat oleh Apicius, Aristoxenean, dan Philoxenean.

Selain itu, terdapat juga cheesecake dessert lainnya yaitu Euchylous yang banyak terdapat buah yang dikeringkan dan Bazyma yang dibuat dari tepung, madu, buah ara kering, dan yang  terakhir adalah kenari. Lalu, pada tahun 776 sebelum masehi, cheesecake ini disajikan kepada para atlet yang sedang berlomba pada acara Olimpiade pertama.

Pada zaman itu, cheesecake dessert ini dibuat dengan menggunakan keju yang lembut dari susu kambing dan susu domba. Keju lalu disatukan dengan terigu, tepung, telur, dan terakhir masukkan madu, lalu cheesecake ini kemudian dipanggang.

Cheesecake ini, pernah diambil alih oleh bangsa Romawi saat mereka menjajah Yunani loh guys! Saat proses penjajahan Yunani, resep dan cara pembuatan cheesecake ini diketahui oleh bangsa Romawi dan mereka mencoba membuatnya. Dessert ini lebih mereka kenal dengan sebutan "placenta" ataupun sebutan lainnya yaitu "libum". Resep cheesecake ini pernah dibuat oleh 2 orang asal Romawi yaitu "Marcus Porcius Cato (234-149 SM)" dan satu lainnya bernama "Athenaeus, tahun 230 M".

Setelah cheesecake ini dikenal oleh bangsa Romawi, selanjutnya dessert ini dikenal kembali di negara Inggris saat mereka mendapat jajahan oleh prajurit Romawi pada tahun 1000 M. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x