Mohon tunggu...
Caya Vivianty
Caya Vivianty Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Aku Tertipu Lazada (Lagi), Semakin Bobrok Pelayanan

28 Desember 2017   13:01 Diperbarui: 28 Desember 2017   13:11 1693
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Semaraknya situs Online yang bermunculan, membuat kita sebagai konsumen semakin banyak alternative pilihan portal situs berbelanja. Saya termasuk salah satu pengemar belanja Online, karena praktis, tidak memakan waktu, tinggal goyangin jempol dirumah atau dikantor, sudah bisa pesan barang-barang kebutuhan yang diinginkan. Selain itu, barang-barang yang tersedia di Online shop sangat bervariatif.

Situs belanja Online yang paling sering saya sambangin ada LAZADA Indonesia. Saya bukan konsumen amatir dari Lazada yang baru sesekali melakukan pemesanan. Sudah puluhan kali saya melakukan pemesanan disitus tersebut. Tak pernah sekalipun saya mengalami kendala besar. Adapun kendala yang timbul adalah keterlambatan pengiriman namun barang tersebut tetap saya terima dalam kondisi sempurna.

Namun, tidak untuk kali ini. Pelayanan Lazada kali ini sungguh amat mengecewakan saya. Saya jabarkan kronologinya sebagai berikut :

Saya melakukan pemesanan produk NYX Professional Makeup Soft Matte Lipcream 22 Morroco dan NYX Professional Makeup Soft Matte Lipcream 02 Stockholm pada tangga 13 Desember 2017 dengan seller NYX PROFESSIONAL MAKEUP OFFICIAL STORE. Pemesanan saya lakukan atas nama Ni Wayan Sindra Juliana dengan destinasi pengiriman ke Pulau Bali.

Setelah melakukan pemesanan, saya mendapatkan notifikasi berupa ID order #3694699132 dan estimasi produk akan saya terima pada hari Minggu, 17 Desember 2017 -- Sabtu 23 Desember 2017. Total belanja saya tidak banyak, sejumlah Rp 144.000 saja. Pembayaran pun saya lakukan dengan metode Bank Transfer via Bank BCA.

Hingga lewat estimasi waktu terakhir 23 Desember 2017 , saya melakukan tracking keberadaan pesanan saya, masih dalam proses pengiriman.  Tentu saja ini membuat saya kaget, sudah lewat estimasi tapi barang belum saya terima dan tidak ada pemberitahuan keterlambatan pengiriman dari Pihak LAZADA.

Sabtu, 23 Desember 2017 saya melakukan komplain kepada pihak LAZADA melalui LIVE CHAT. Pada saat itu, Costumer Service yang melayani saya adalah dengan Saudara Ridza Yogaswara. Saya menanyakan alasan kenapa hingga batas estimasi terakhir paket belum saya terima. Namun CS (Ridza Yogaswara) menyampaikan kepada saya bahwa pesanan saya sedang dalam proses pengiriman dan diharapkan tunggu hingga tanggal 27 Desember 2017. What??? Estimasi penerimaan barang bisa mundur dan tidak ada pemberitahuan kepada costumer. CS (Ridza Yogaswara) pun menyampaikan bahwa karena sedang tingginya pengiriman sehingga pesanan saya terlambat.

27 Desember 2017, berlalu, Tidak ada sekalipun notifikasi dari LAZADA mengenai pesanan saya. Pesanan saya pun belum kunjung datang. Esok harinya, 28 Desember 2017 saya melakukan komplain lagi via LIVE CHAT. Kali ini  CS yang menyapa saya adalah Tika Noviani. Komunikasi saya dengan CS satu ini sangat alot. Saya menanyakan kembali kenapa pesanan saya belum datang, CS malah menanyakan produk saya sudah diterima satu. Aduh, Mbak Novi dua barang pesanan saya belum saya terima sama sekali loh. Seperti biasa, jawaban CS LAZADA selalu sama. "Mohon maaf", "Kami mengerti perasaan kakak", and blablabla. Tanpa memberikan saya solusi untuk paket saya. Menjelang siang, saya pun melakukan komunikasi lagi via Live Chat di website. Komunikasi tetap sama, jawaban seperti Bot, itu -- itu saja dan tidak bisa memberikan solusi. CS yang melayani saya pada tanggal 28 Desember 2017 adalah Tyas, Silvia Sudraputeri dan Tika Noviani.

Sudah lebih dari 10 hari paket belum saya terima, dan pihak LAZADA tidak memberikan saya solusi sedikitpun. Apa ini pelayanan LAZADA, semakin hari semakin bobrok. Pantesan saja semakin banyak bermunculan komplain dari warganet perihal pelayanan LAZADA. Ternyata bukan nyinyiran semata !

Situs sebesar LAZADA dengan ribuan seller tergabung dan berbagai Official Store didalamnya, masa melakukan penipuan ke konsumen. Apalgi kali ini saya benar-benar dikecewakan oleh Official Store dr NYX.

Official Store resmi dari NYX saja bisa melakukan penipuan, lalu bagaimana saya sebagai konsumen dipandang? Memang sih jumlah belanja saya tidak banyak. Namun jika banyak Rina Rina (saya) selanjutnya kedepan, gimana citra LAZADA?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun