Mohon tunggu...
Viecri Bendarwis Adikara
Viecri Bendarwis Adikara Mohon Tunggu... Lainnya - manusia yang berusaha memanusiakan manusiašŸ”…

Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga NIM: 20107030058

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama Pilihan

Jajangmyeon, Mie Saus Hitam Pekat yang Populer di Negara Gingseng

29 Maret 2021   12:01 Diperbarui: 29 Maret 2021   12:24 749 6 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Masih pada ngidam mie ya sekarang? Kali ini kita tidak lepas dari makanan mie khas negeri Gingseng loh, tertutama bagi kalian yang pecinta dunia K-pop sudah tidak asing lagi dengan olahan mie khas negeri para idol tercinta kalian.

Nah, kalian tau gak sih ada mie dengan saus hitam pekat yang sangat populer di kalangan masyarakat negeri gingseng ini? Pasti untuk warga indonesia terdengar asing masa iya sih ada mie dengan saus hitam pekat tetapi untuk yang pecinta k-pop dan k-drama sudah tidak asing lagi karena ini muncul sangat sering di adegan k-pop dan k-drama. Banyak masyarakat indonesia yang bukan pecinta k-pop dan k-drama menjadi tertarik untuk mencoba mie yang sangat populer di negaranya.

Jajangmyeon namanya, mie khas negeri gingseng ini memang memiliki ciri yang khas seperti saus yang hitam pekat tersebut, saus hitam pada mie jajangmyeon ini terbuat dari olahan kacang hitam. 'Jajang' sendiri mempunyai arti saus goreng sedangkan 'myeon' berarti mie. Konon ceritanya makanan ini dibawa oleh imigran Tiongkok yang tinggal di Incheon, lama kelamaan masyarakat lokal pun turut ikut serta dalam mengolah dan mengonsumsinya dan mie ini menjadi sebagai salah satu makanan khas negeri gingseng, negeri para idol k-pop dan k-drama.

Nah, jika kalian semua ingin mencoba dan menikmati olahan mie khas negeri para idol tercinta kalian, maka dari itu kalian tidak harus merogoh kocek yang cukup menangis untuk kantong tipis kalian akan tetapi sekarang sudah banyak resep dan cara untuk membikin olahan mie ini di rumah saja dengan bahan yang murah dan terjangkau untuk kantong tipis kalian, yuk simak caranya!

Pertama-tama kalian semua harus menyiapkan bahan-bahan dong tentunya untuk membuat mie jajangmyeon ini

Bahan:
1. 1/4 daging ayam fillet
2. 1 buah timun kecil
3. 1/2 buah kentang
4. 1/2 buah wortel
5. 2 siung bawang merah
6. 2 siung bawang putih
7. 4 buah cabe rawit
8. Ā Pasta kacang hitam
9. Ā Mie secukupnya
10. 2 sdt tepung maizena
11. Garam secukupnya
12. Gula secukupnya
13. Penyedap rasa secukupnya

Nah, jika kalian sudah menyiapkan bahan-bahan untuk membuat mie khas negeri gingseng ini yuk mari lanjut ke taham proses pembuatan, tenang aja ga akan sulit kok pastinya mudah

1. Haluskan bawang merah, bawang putih dan cabe rawit. Kemudian potong timun, kentang, wortel dan ayam fillet seperti dadu. Untuk hiasan, sisakan sedikit timun dan wortel lalu iris memanjang agar tampilannya lebih elegan dan mampu menggugah lapar kalian.

2. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan hingga mengeluarkan aroma yang sangat harum, Setelah harum masukkan ayam. Tumis hingga daging ayam berubah warna menjadi kecoklatan kemudian masukkan kentang dan wortel yang sudah dipotong menjadi seperti dadu

3. Setelah wortel dan kentang terlihat layu, masukkan timun.

4. Aduk hingga semua bahan tercampur rata kemudian masukkan pasta kacang hitam untuk saus yang menjadi khas dari olahan mie jajangmyeon ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan