Mohon tunggu...
Victoria Andrieta
Victoria Andrieta Mohon Tunggu... Mahasiswi Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti

Seorang mahasiswi jurusan Travel yang juga adalah Penerima Beasiswa Unggulan 2017 dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan

Selanjutnya

Tutup

Bahasa Pilihan

Belajar Lewat Hobi

15 Juni 2021   23:11 Diperbarui: 15 Juni 2021   23:14 67 6 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Belajar Lewat Hobi
pinterest.com/unrelixble

Pengalaman belajar Bahasa adalah suatu pengalaman yang menarik. Di hidup saya, sudah beberapa kali saya belajar bahasa, salah satunya Bahasa Inggris. 

Mulai dari taman kanak-kanak hingga sekolah menengah atas, atau level preparatory sampai toefl sudah saya lalui. Kata-kata yang dapat merangkum pengalaman tersebut hanya 1, seru.

Belajar Bahasa Inggris bagi saya terdiri dari 3 poin utama. Pronunciation atau pelafalan, Grammar atau tata bahasa, serta Vocabulary yakni belajar perbendaharaan kata. Ke-3 poin utama itupun bisa dengan mudah didapat bila berpacu pada satu kunci, berani berbicara.

Berani menggunakan Bahasa Inggris dalam keseharian sehingga lama-kelamaan Bahasa akan keiar dengan sendirinya. 

Pronunciation didapatkan ketika kita berbicara sehingga mulut kita akan terbiasa, grammar mungkin didapatkan dengan mengingat teori-teori yang ada, vocabulary dapat dengan mudah didapatkan salah satunya adalah dengan hobi.

Jaman sekarang banyak anak yang dengan mudahnya belajar Bahasa Inggris lewat hobi mereka. Bisa lewat bermain game, membaca buku, menonton film, mendengarkan lagu dan lainnya. 

Tapi tentu, mungkin terdapat beberapa bahasa informal yang tidak baik untuk diucapkan. Itulah gunanya masih terdapat pelajaran Bahasa Inggris di sekolah agar mereka mengetahui batasan.

Saya sendiri belajar Bahasa Inggris lebih jauh lagi dengan banyak membaca buku baik secara nyata, maupun melalui aplikasi. Perbendaharaan kata yang terkadang berat tidak jarang membuat saya harus membuka kamus sambil membaca. 

Tapi di situlah akhirnya saya belajar lebih banyak lagi dan lagi. Pengalaman lain adalah dengan kesempatan berkuliah di luar negeri, sehingga saya bisa menggunakan Bahasa Inggris dalam keseharian.

Bagi kalian yang masih berjuang untuk belajar Bahasa Inggris, janganlah malu untuk berbicara. Belajarlah berbahasa Inggris lewat hobi kalian. 

Perbanyaklah perbendaharaan bahasa yang ada karena sadar tidak sadar, ini menjadi hal yang sangat berguna bagi kita kedepannya. 

VIDEO PILIHAN