Mohon tunggu...
viatur
viatur Mohon Tunggu... Mahasiswa

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Asah, Asih, dan Asuh untuk Anak

21 Oktober 2019   00:06 Diperbarui: 21 Oktober 2019   00:57 0 1 0 Mohon Tunggu...

Setiap orang tua, pasti tidak menginginkan melewatkan pertumbuhan dan perkembangan anaknya. Pertumbuhan anak merupakan proses yang dialami anak dengan bertambahnya ukuran, volume, maupun jumlah sel-sel yang ada didalam tubuh anak yang mana tidak bisa kembali kesemula. Misalnya, dalam pertumbuhan anak dalam setiap hari, setiap bulan, maupun setiap tahunnya pasti mengalami pertambahan ukuran tubuh, kepala, dan bagian yang lainnya.

Sedangkan, perkembangan merupakan proses menuju kedewasaan setiap individu maupun makhluk hidup yang lainnya, yang pastinya perkembangan tidak dapat diukur dengan alat ukur apapun. Jadi pertumbuhanan yang dialami setiap anak akan mengikuti proses perkembangan.

Dalam setiap proses tumbuh kembang anak tidak terlepas dari kata asah, asih, dan asuh. Maka dari itu, sebagai orang tua yang selalu berpikiran terbuka, pahamilah tiga kata yang sangat penting untuk diimbangi ketika proses tumbuh kembang anak. Berikut penjelasan tentang asah, asih dan asuh yanglebih terperinci :

1. Asuh (Kebutuhan Biomedis)

Asupan merupakan kebutuhan gizi anak mulai dari kandungan hinnga dewasa kelak. Asupan anak pasti harus diperhatikan. Ketika sang Bunda sedang hamil, makanlah yang bergizi ataupun melengkapi 4 Sehat 5 Sempurna. Dan begitu pula ketika anak lahir hingga dewasa. Selain kebutuhan gizi, dalam kebutuhan asuh ini juga meliputi kebutuhan tempat tinggal, imunisasi, dan sebagainya, perawatan dasar kesehatan, dan lain sebagainya.

2. Asih (Kebutuhan emosional)

Asih meupakan kebutuhan rasa aman anak ketika dilingkungan yang merasa dia bahaya.kebutuhan anak akan kasih sayang, diberi pujian, diperhatikan dan dihargai, pengalaman baru, tanggung jawab ketika mereka memang sudah dirasa mampu untuk melakuakan secara mandiri.

Lantas bagaimana untuk mewujudkan kebuituhan asih ini? Berikut merupakan cara orang tua untuk menumbuhkan asih yang dibutuhkan oleh anak ialah ajaklak anak-anak untuk bermain bersama, jauhkan anak-anak dari gadget, ajaklah anak untuk percaya diri menceritakan setiap kejadian yang dialami dalam kehidupan sehari-hari (menceritakan melakukan apa saja di sekolah), jangan lupa berilah beberapa pujian yang dapat menimbulkan percaya diri anak (seperti, kamu hebat, sudah tidak menangis lagi dalam kelas, dan pujian-pujian lain ketika mereka melakuakan berbagai kebaikan yang pantas untuk dipuji).

3. Asah (Kebutuhan memberikan stimulasi pengetahuan)

Sebelum anak-anak memasuki dunia pendidikan. Alangkah baiknya sebagai orang tua mempersiapkan pendidikan pra-sekolah. Seperti memperkenalkan huruf-huruf abjad, angka, dan lain-lainnya melalui hal yang menyenangkan. Memberikan berbagai permainan yang dapat mendukung anak untuk mengasah pengetahuan mereka. Selain itu, juga dapat meningkatkan kecerdasan, kreativitas, kepribadian, moral dan etika.