MENYUSUN CERITA PRAKTIK BAIK ( BEST PRACTICE ) MENGGUNAKAN METODE STAR ( SITUASI, TANTANGAN, AKSI, REFLEKSI HASIL DAN DAMPAK) TERKAIT PENGALAMAN MENGATASI PERMASALAHAN SISWA DALAM PEMBELAJARANÂ
VEVI ADILLIA, S.PD SMA NEGERI 2 MERANGIN 25-08-2022
 A. Tujuan yang Ingin dicapai: Upaya meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran bahasa inggris khususnya keterampilan menulis teks descriptive dengan model pembelajaran project based learning dan mempublikasikan hasil kerja di media sosial (Facebook).Â
B. Metode STARÂ
Situasi:Â
Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini. Kondisi yang menjadi latar belakang masalah mengapa praktek ini penting dalam pembelajaran dikelas karena saya sendiri sebagai guru praktik melihat hal-hal yang terjadi dalam pelaksanaan praktik pembelajaran , diantaranya sebagai berikut:
 1. Peserta didik kesuliatan dalam memahami dan menulis teks deskriptif karena kurangnya penguasaan kosakata bahasa inggris.Â
2. Beberapa peserta didik kurang berminat dan kurang kreatif dalam mengasilkan sebuah karya
 3. Peserta didik belum aktif dalam proses pembelajaran.Â
4. Guru masih mendominasi dari seluruh proses pembelajaran.Â
5. Faktor guru dalam pemilihan media ajar dan model pembelajaran yang belum sesuai dengan karakteristik siswa