Mohon tunggu...
Veronica Maureen
Veronica Maureen Mohon Tunggu... Communication Science Student

I am a communication student who loves to write and tell inspirational stories. Interested in environmental issues and sustainable living.

Selanjutnya

Tutup

Film Pilihan

Atypical, Film Keluarga dengan Penderita Autisme

21 April 2020   13:25 Diperbarui: 21 April 2020   13:28 31 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Atypical, Film Keluarga dengan Penderita Autisme
screenshoot pribadi

Thumbnail dengan gambar wajah Sam yang tersenyum lebar namun kikuk ini menarik rasa penasaranku ketika memutuskan apa yang ingin aku tonton untuk mengisi waktu luang di tengah pandemi COVID-19 ini.

Sam adalah remaja berumur 18 tahun yang berkebutuhan khusus dan dalam spektrum autisme. Saat ini terdapat 3 season yang dirilis, dan telah terkonfirmasi akan ada season lanjutan pada tahun 2021 nanti. 

Keluarga Sam

Dalam menjalani aktivitasnya sehari-hari Sam tinggal bersama ayah (Doug), ibu (Elsa) dan seorang adik perempuan (Casey). Sam pergi ke sekolah yang sama dengan adiknya dan hal ini memudahkan keluarga mereka untuk mengawasi Sam apabila membutuhkan bantuan dari Casey. Sam sering membawa noise-cancelling headphone miliknya untuk menghindari keramaian, ia tidak pernah menempelkan punggungnya pada sandaran kursi dan ia tidak pernah berbohong. Doug bekerja untuk AMT, sedangkan Elsa adalah seorang penata rambut.

Keluarga dan Perjalanan Sam mencari kekasih

Secara garis besar, series ini menceritakan mengenai perjalanan Sam untuk mendapatkan kekasih. Semua dimulai dari ketertarikannya pada therapistnya sendiri, Julia. Namun dalam perjalanannya Sam juga menemui Paige yang menerima Sam apa adanya. Hubungan mereka pun tidak mudah, dengan kondisi Sam yang masih meraba-raba untuk beralih ke kehidupan sosial. 

Tidak hanya mengisahkan Sam saja, Elsa rupanya terjebak dalam rutinitasnya sebagai seorang ibu. Ia melupakan siapa dirinya, dan apa yang membuat ia bahagia, hingga kemudian ia terjerumus dalam suatu masalah yang menyebabkan rumah tangganya diujung perpisahan. Di sisi lain, Doug tidak cukup berani untuk memutuskan apa yang ia dapat lakukan.

Casey memiliki kisahnya sendiri. Sebagai seorang adik, ia memiliki rasa tanggung jawab yang besar untuk menjaga Sam. Hal ini menjadi pertimbangan yang berat ketika Casey mendapatkan tawaran untuk bersekolah di sekolah private dan mendapatkan beasiswa. Pengalamannya pun di sekolah baru pun penuh intrik. Namun ia tetap berusaha fokus dalam mengejar mimpinya untuk dapat sukses dalam dunia olahraga.

Things I like about this movie

Film ini secara konsisten menggunakan analogi dalam menyampaikan alur kisahnya. Sungguh mengagumkan bagiku. Sam memiliki ketertarikan dalam dunia biologi, khususnya Antartica. Narasi Sam dalam menceritakan sekelompok pinguin, ataupun hewan lain dalam beradaptasi dan bertahan hidup bagiku sangat menghidupkan cerita ini. Setiap analogi yang digunakan begitu tepat, sehingga penonton dapat dengan jelas menangkap maksud pesan dan cara berpikir dari sudut pandang Sam yang menelaah dari sudut pandang biologi.

Trailer dapat dilihat disini:

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x