Mohon tunggu...
Vernanda FadilaArdiani
Vernanda FadilaArdiani Mohon Tunggu... it's a girl

enjoy your life

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Perlunya Tepa Selira

18 Juni 2021   18:51 Diperbarui: 18 Juni 2021   19:46 51 2 0 Mohon Tunggu...

Tepa selira atau tenggang rasa perlu dilakukan di dalam lingkungan bermasyarakat. Tepa selira merupakan salah satu perwujudan dari Pancasila. Selain itu juga tenggang rasa sangat penting di antara perbedaan yang ada di bangsa kita agar tetap menjadi bangsa yang kuat di tengah perbedaan yang ada. 

Tenggang rasa dapat membuat hidup dalam bermasyarakat lebih rukun dengan tetangga. sikap tenggang rasa harus ditanamkan sejak dini terutama di lingkungan keluarga dan bermasyarakat. 

Tepa selira dapat dilakukan seperti menghargai perbedaan yang terjadi dalam bermasyarakat, tidak membeda-bedakan dalam bargaul, menghormati terutama dengan yang lebih tua. Dapat juga dengan mengendalikan sikap, perbuatan, dan tutur kata agar tidak menyinggung dan menyakiti perasaan orang lain. 

Manfaat dari tenggang rasa selain rukun dalam bermasyarakat yaitu dapat juga menumbuhkan rasa kepedulian dengan sesama, rasa kasih sayang dengan sesama, dan rasa ingin tolong menolong. Sikap tepa selira dapat menumbuhkan jiwa bertanggung jawab dalam diri seseorang dan mempererat rasa persatuan.

VIDEO PILIHAN