Mohon tunggu...
Vera Valentina
Vera Valentina Mohon Tunggu... Mahasiswa

Hi

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Drama Musikal

25 November 2017   19:35 Diperbarui: 25 November 2017   19:55 1396 0 0 Mohon Tunggu...

Drama merupakan sebuah pertunjukan dimana terdapat beberapa orang yang memerankan berbagai karakter untuk menggambarkan suatu cerita atau kisah. Umumnya, para pemeran drama berdialog satu sama lain untuk membuat para penonton mengerti alur cerita yang sedang dibawakan. Namun, apa jadinya apabila cerita sebuah drama dibawakan dengan mengkolaborasikan musik di dalamnya? 

Yap, apabila drama dikolaborasikan dengan musik maka akan terbentuklah sebuah drama musikal. Drama musikal tidak hanya mengandung cerita dan lagu saja di dalamnya, tetapi juga koreografi dan berbagai properti lainnya guna membuat jalan cerita yang ditampilkan semakin menarik untuk disaksikan.

Untuk menghasilkan sebuah drama musikal yang bagus, diperlukan persiapan yg matang dari segala aspek mulai dari pembuatan naskah drama, penentuan atau pembuatan lagu agar sesuai dengan cerita, kostum, hingga koreografi tarian yang membuat penonton semakin bisa merasakan suasana dalam cerita.

Beberapa sekolah memberikan tugas membuat drama musikal kepada murid nya, salah satunya adalah Sekolah Dian Harapan Cikarang, khususnya siswa-siswi kelas XII. Dalam drama musikal, para siswa-siswi dituntut agar bisa menampilkan cerita yang menarik melalui dialog, lagu, dan gerak tari. Drama musikal juga bisa menjadi sarana bagi para siswa untuk menyalurkan bakat dan kreatifitas yang dimiliki. 

Menariknya, para siswa ditantang untuk membuatnya sendiri bersama grup mereka tanpa bantuan dr guru, termasuk memilih cerita, membuat naskah, menciptakan sebuah soundtrack drama, hingga membuat koreo yg menarik. Cerita yg dibawakan oleh masing2 kelompok pun berasal dari negara yang berbeda2, seperti cerita dari negri Mesir, Meksiko, Jepang, dll. Guru hanya berperan untuk mendampingi dan membimbing siswa dalam proses pembuatan drama musikal. Latihan pun sudah mulai dilakukan mulai tahun ajaran awal.

Dalam proses nya, para siswa akan belajar berbagai hal lain seperti bagaimana caranya bekerja sama, mendengarkan pendapat orang lain, saling membantu dan saling menghargai anggota kelompok yang tidak bisa didapatkan dari belajar dengan memakai buku. Penasaran akan drama musikal yang akan ditampilkan siswa-siswi SDH ? Jangan lupa untuk menyaksikannya di tahun 2018 nanti.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x