Mohon tunggu...
Vera Shinta
Vera Shinta Mohon Tunggu... Kompasianer Brebes Community' (KBC)

Menulis adalah pelarian emosi paling sexy

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan

"Nandur Makmur" Penanaman 5000 Bibit Pohon di Bukit Maribaya sebagai Wujud Semangat Sumpah Pemuda

29 Oktober 2020   08:42 Diperbarui: 29 Oktober 2020   08:52 10 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
"Nandur Makmur" Penanaman 5000 Bibit Pohon di Bukit Maribaya sebagai Wujud Semangat Sumpah Pemuda
Dok. Boy Purwanto

Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda (28/10) Relawan Lingkungan Hidup Dan Bencana Alam (RELICA) Tonjong dan Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan ABRI (FKPPI) lintas rayon Kabupaten Brebes menggagas ide penanaman  5000 bibit pohon di bukit Maribaya.

Bukit Maribaya berada di Desa Kalinusu Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes merupakan daerah yang masih banyak padang rumput namun jarang pepohonan besar. Kegiatan ini diikuti oleh berbagai unsur relawan dari para barista, Bumdes, travel, pecinta alam, karang taruna dan berbagai komunitas lain yang ada di wilayah Brebes.

Penanaman pohon / dok. Budi Junianto
Penanaman pohon / dok. Budi Junianto

Kegiatan diawali sejak hari selasa (27/10) dengan mengadakan kemah di bukit Maribaya dan paginya dilanjutkan dengan penanaman pohon. Kegiatan ini tetap atas ijin para pejabat yang berwenang dan mengikuti protokol kesehatan. 

Dengan slogan "satukan hati, tanam tak henti" mereka semangat menanami pohon demi anak cucu nanti. Semakin banyak yang mendukung maka semakin banyak pohon yang di tanam dan semakin luas lahan terselamatkan. Yang ditanam seperti pohon trembesi, ketapang, kedondong dan sebagainya berpokok besar.

Upaya ini memang untuk mencegah tanah longsor dan memanfaatkan lahan agar produktif serta bermanfaat. Semangat sumpah pemuda telah melekat pada hati para pemudi Indonesia di seluruh pelosok nusantara.

Pemuda semangat

Rakyat sehat

Indonesia selamat

Vera Shinta KBC-26

KomBes Brebes Jateng

 

VIDEO PILIHAN