Mohon tunggu...
Vera Nika Anjani
Vera Nika Anjani Mohon Tunggu... Penulis - Penulis 4 Novel dan 23 Buku Antologi

Saya mulai menulis tahun 2021 awal dengan mengikuti perlombaan menulis yang masih saya lakukan hingga saat ini. Selain mengikuti perlombaan menulis, saya juga menulis di beberapa platform menulis yang Alhamdulillah empat diantaranya sudah dibukukan menjadi novel. Genre fiksi remaja yang paling banyak saya tulis untuk kategori Novel sedangkan untuk yang lain genrenya beragam.

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Jurnalis, Profesi Menyenangkan Namun Penuh Tantangan

2 Desember 2023   21:43 Diperbarui: 2 Desember 2023   22:07 131
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
sumber : pexels-flo dahm

Profesi seorang jurnalis pasti sudah tidak asing lagi terdengar di telinga masyarakat. Jurnalis merupakan profesi yang sangat penting di dalam kehidupan ini. Berkat seorang jurnalis, masyarakat bisa mengetahui tentang banyak hal yang sedang terjadi di dunia saat ini. 

Selain itu jurnalis juga sangat membantu masyarakat melihat kebenaran yang ada di depan mata dan mengajak masyarakat untuk bersikap kritis terhadap keadaan yang sedang terjadi. Untuk itu profesi sebagai seorang jurnalis sangat dibutuhkan dan juga sangat diminati oleh banyak orang. Selain itu gaji yang dinilai cukup memuaskan dan juga profesi yang menyenangkan, tapi penuh tantangan juga menjadi salah satu alasan banyak orang tertarik dengan profesi ini. Apakah Anda salah satunya?

Menurut Akhmad Supriyatna,  dalam buku Mengembangkan Jurnalistik Sekolah (2021), jurnalis adalah orang yang secara teratur melakukan kegiatan jurnalistik.
Secara umum jurnalis adalah seseorang yang bekerja menulis laporan secara objektif kemudian tulisannya dikirimkan dan dimuat di media massa seperti koran, televisi, majalah, dan internet. Jurnalis akan mencari, mengumpulkan, dan membuat artikel berisi informasi seputar kejadian aktual untuk dibaca.

Ada beberapa pengertian tentang jurnalistik menurut para ahli di antaranya adalah sebagai berikut :

1.Menurut Adinegoro, jurnalistik merupakan kemampuan untuk mengarang pemberian kabar kepada masyarakat secepatnya dan seluas-luasnya.

2.Menurut F. Fraser Bond, jurnalistik adalah segala sesuatu yang membuat dan mengulas berita sampai pada kelompok pemerhati.

3.Menurut Roland E. Wolseley, jurnalistik adalah pengumpulan, penulisan, penafsiran, pemrosesan, dan penyebaran informasi dan hiburan umum secara sistematik pada surat kabar, majalah, dan stasiun siaran untuk mendapat perhatian khalayak.

4.Menurut Erik Hodgin, jurnalistik adalah pengiriman informasi dari media ke khalayak dengan benar, saksama, dan cepat, untuk menjunjung kebenaran dan keadilan berpikir yang dibuktikan.

Untuk menjadi seorang jurnalis, kita tentu harus mengetahui secara jelas dan rinci mengenai apa saja tugas-tugas dari seorang jurnalis. Tugas-tugas seorang jurnalis menurut kompas.com antara lain :

1.Membaca siaran pers

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun