Mohon tunggu...
Vera Brilliantina
Vera Brilliantina Mohon Tunggu... Mahasiswa UNS

Mahasiswa UNS

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Cegah Covid-19 Bersama Anak-anak RT4/RW5, Kelapa Dua, Jakarta Barat

8 Juli 2020   01:36 Diperbarui: 8 Juli 2020   17:47 14 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Cegah Covid-19 Bersama Anak-anak RT4/RW5, Kelapa Dua, Jakarta Barat
Relawan KKN bersama anak-anak RT4/RW5, Kelapa Dua, Jakarta Barat. (DOKUMENTASI PRIBADI)

JAKARTA, Juli 2020 - Kasus positif Covid-19 di Republik Indonesia terus mengalami penambahan. DKI Jakarta merupakan salah satu provinsi yang paling banyak memiliki kasus konfirmasi positif Covid-19. Jika dilihat dari peta data yang dimiliki Pemprov DKI Jakarta, titik-titik merah persebaran pasien positif Covid-19 merata ada di seluruh wilayah. Jakarta Selatan dan kemudian Jakarta Barat, menjadi dua wilayah yang memiliki banyak pasien positif.

Melalui program KKN Relawan UNS Tanggap Wabah Covid-19 UNS, relawan melakukan kegiatan untuk membantu masyarakat RT4/RW5, Kelapa Dua, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, melalui program dengan tema besar "Supporting Pemahaman Masyarakat terhadap Pandemi Covid-19". Kegiatan ini dilakukan dengan berkoordinasi bersama Bapak Dr. Djono, M.Pd. selaku dosen pembimbing lapangan, Pak Syaifullah selaku ketua RT, dan warga setempat.

Pada kegiatan KKN UNS Covid-19, Maria Vera sebagai pelaksana kegiatan KKN berdiskusi bersama Pak Syaifullah selaku ketua RT mengenai kesadaran masyarakat setempat dalam pencegahan Covid-19. Di lingkungan RT4/RW5, Kelurahan Kelapa Dua, Jakarta Barat, masyarakat telah melaksanakan imbauan untuk melakukan social distancing, pemakaian masker, dan stay at home. Namun, masih terdapat beberapa anak yang bermain di luar rumah tanpa memakai masker dan tidak melakukan social distancing. 

Selain itu, penempatan fasilitas cuci tangan umum juga masih belum merata di setiap tempat. Maka dari itu, mahasiswi KKN menyediakan tempat cuci tangan di pinggir jalan untuk memudahkan akses masyarakat setempat untuk mencuci tangan saat berkegiatan di luar rumah. Maria Vera juga memberikan sosialisasi kepada anak-anak dalam pencegahan Covid-19 seperti memberikan masker, memberikan flyer mengenai pencegahan Covid-19, sosialiasi cara memakai masker kain dengan benar, dan cara mencuci tangan menggunakan sabun dengan benar.

Pemasangan banner sebagai pengingat untuk menggunakan masker. (DOKUMENTASI PRIBADI)
Pemasangan banner sebagai pengingat untuk menggunakan masker. (DOKUMENTASI PRIBADI)

Pemasangan banner dan poster berisi peringatan sebagai pengingat untuk memakai masker, melakukan social distancing, dan menjaga kebersihan juga dilakukan di sekitar lingkungan RT4/RW5 agar masyarakat tetap sadar untuk terus melakukan pencegahan terhadap Covid-19. Selain itu dilakukan pemasangan poster mengenai cara mencuci tangan memakai sabun cuci tangan dengan benar di beberapa fasilitas cuci tangan yang sudah ada. Hal ini dilakukan agar aktivitas mencuci tangan dapat berlangsung secara efektif dalam mencegah virus Covid-19.

Selanjutnya, pembagian masker kain dilakukan oleh Maria Vera karena masih minimnya kesadaran masyarakat yang masih beraktivitas di luar rumah untuk memakai masker. 

Sementara itu, pembagian hand sanitizer bertujuan agar masyarakat yang masih melakukan aktivitas di luar rumah dapat dengan mudah menjaga kebersihan tangan menggunakan hand sanitizer jika sulit menemukan fasilitas cuci tangan dan agar mereka memiliki kesadaran untuk tetap menjaga kebersihan. Bersamaan dengan itu, dibagikan juga flyer yang berisi cara pencegahan Covid-19 (social distancing, memakai masker). Sasaran dari kegiatan pembagian masker kain, hand sanitizer, dan flyer ini adalah pedagang kaki lima, penjual sayur, ojek online, dan petugas kebersihan yang berada di sekitar RT4/RW5, Kelurahan Kelapa Dua, Jakarta Barat.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x