Mohon tunggu...
Veny Apriliani
Veny Apriliani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Perempuan/Mahasiswi

saya adalah seorang mahasiswi dari Universitas Diponegoro

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Edukasi Digital Marketing! Mempertahankan Usaha Masyarakat Di Tengah Pandemi

1 Agustus 2021   08:15 Diperbarui: 9 Agustus 2021   15:07 83 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Edukasi Digital Marketing!  Mempertahankan Usaha Masyarakat Di Tengah Pandemi
pemasaran secara digital

EDUKASI DIGITAL MARKETING!   MEMPERTAHANKAN USAHA MASYARAKAT DITENGAH PANDEMI


Gondosari (30/07) Pandemi Covid 19 yang saat ini masih menjadi perhatian utama di Indonesia memunculkan banyak pengaruh terutama bagi masyarakat. Salah satunya adalah bagi masyarakat yang memiliki usaha, mereka harus memutar otak untuk terus mampu bertahan dalam situasi pandemi yang belum juga usai. Pembatasan kegiatan diluar rumah seperti Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) menambah resah para masyarakat yang memiliki usaha. Dimana dalam pemberlakukan PPKM ini sangat berdampak terhadap usaha mereka dengan berkurangnya banyak pembeli.

Desa Gondosari RT 02 RW 04 Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus merupakan salah satu wilayah yang mana terdapat banyak masyarakat yang memiliki usaha dan terdampak pandemi Covid-19. Pasalnya selama masa pandemi Covid-19 pendapatan mereka banyak mengalami penurunan. Hal ini dikarenakan banyak dari pemiliki usaha masih melakukan pemasaran produk dengan cara tradisional dari mulut ke mulut.

Dengan melihat persoalan tersebut, Mahasiswa KKN Universitas Diponegoro memberikan edukasi kepada warga terutama warga yang memiliki usaha untuk melakukan pemasaran dengan lebih efektif dan efisien serta dapat menjangkau lebih banyak konsumen dengan digital marketing. Pemasaran secara digital marketing tentunya merupakan suatu hal yang baru bagi para warga. Maka pada 16 Juli 2021 Mahasiswa KKN UNDIP membagikan materi dalam bentuk buku kepada warga yang berisikan tentang panduan untuk pembuatan akun media sosial yaitu Instagram yang mana merupakan akun media sosial yang populer dan saat ini banyak digunakan oleh masyarakat.

pelaksanaan sosialisasi program 
pelaksanaan sosialisasi program 

 Pembagian materi tidak dapat dilakukan secara langsung sehingga hanya dapat dilakukan  secara online melalui WhastApp Group untuk tetap menaati aturan pemerintah  dikarena masih bertepatan dengan PPKM Darurat yang sedang dijalankan oleh pemerintah.  Meskipun hanya lewat online, namun antusias warga untuk kegiatan ini sangat baik dengan memberikan respon yang positif.

Kemudian kegiatan dilanjutan dengan membagikan print out buku kepada pelaku usaha serta memberikan penjelasan secara langsung agar warga lebih paham dan mudah untuk mengimpelmentasikan digital marketing dalam usaha mereka. Kegiatan ini dilakukan secara langsung kepada warga dengan cara door to door karena tidak dapat mengumpulkan banyak masa, serta dengan tetap menaati protokol kesehatan dan menjalankan 5M pada Senin 26 Juli 2021.

Menurut Ibu Aliya Himawati yang menjabat sebagai kepala desa di Desa Gondosari mengatakan bahwa "Kegiatan seperti ini yang saat ini dibutuhkan oleh warga, warga yang memiliki usaha tentunya sanga terdampak karena pandemi ini apalagi penerapan PPKM yang mengaharuskan untuk tutup pukul 8 malam. Apalagi banyak juga warga yang sudah tua yang tentunya belum paham tentang penggunaan media sosial sebagai tempat pemasaran".


pembagian booklet kepada pemilik usaha
pembagian booklet kepada pemilik usaha
Dengan dilaksanakannya kegiatan edukasi digital marketing bagi warga di Desa Gondosari RT 02 RW 04  ini diharapkan dapat memberikan ilmu terkait dengan pemasaran secara digital sehingga dapat memberluas pemasaran dan mendatangkan banyak konsumen. Selain itu juga dengan digital marketing dapat menghemat waktu dan tenaga dan juga tidak harus mengeluarkan banyak biaya untuk memulainya. Sehingga nantinya dapat meningkatkan perekonomian dan usaha yang dijalankan dapat bertahan dan semakin maju.

Penulis : Veny Dwi Apriliani

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN