Mohon tunggu...
VENNY AMALIA HAJAR
VENNY AMALIA HAJAR Mohon Tunggu... Tenaga Kesehatan - اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى اٰلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ

ig : vennyamaliaaa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Harapan Hidup yang Menjadi Nyata

24 November 2020   21:26 Diperbarui: 24 November 2020   21:52 27
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Hai sobat online! Masih sehat kan?!.

Kali ini saya akan membahas tentang bagaimana rasanya yang awal mula menjadi siswa di sekolah dan sekarang menjadi mahasiswa di kampus?!.

Semenjak kelas 12 saya telah menentukan mau lanjut kuliah dimana dan jurusan apa yang saya ambil, tetapi sisi lain saya bingung mau ambil apa dan dimana yaa?. Sebenarnya saya sendiri suka pelajaran tentang biologi tapi tergantung bab yang di bahas oleh ibu guru. Selain itu saya agak ragu untuk memilih jurusan tersebut karena jurusan biologi banyak saingannya sobat, jadi sedih kalau ingat waktu bagaimana kita berjuang untuk masuk ke PTN.

Akhirnya saya mencari info tentang dunia kesehatan dan ternyata saya baru ingat kalau saudara sepupu saya lulusan analis medik juga tapi kita beda kampus yaa hehe.. Dunia Kesehatan itu menyenangkan dan akhirnya saya mengambil D4 analis kesehatan di kampus UNUSA.

Universitas Nahdlatul Ulama (UNUSA) yaitu kampus yang terkemuka, unggul, dan profesional dalam Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Seni (IPTEK), serta berjiwa wirausaha dan berjati diri islami.

Kalian pernah dengar kan tentang Analis Kesehatan? Ada apa sih dengan analis Kesehatan itu?. Jadi, Analis Kesehatan adalah tenaga profesi yang memegang peranan penting dalam analisa laboratorium kesehatan. Analis kesehatan sering dikenal sebagai Ahli Tenaga Laboratorium Kesehatan Indonesia atau lebih sering disebut ATLM.

Di analis kesehatan, kamu bakal dapat materi tentang pemeriksaan penyakit. Lebih tepatnya pemeriksaan spesimen atau sampel yang nantinya hasil pemeriksaan tersebut akan digunakan untuk diagnosa penyakit. Sehingga sebuah penyakit dapat diketahui dan diobati. Spesimen tersebut yang paling ringan dapat berupa darah, pus (nanah), muntahan, feses, dan urin.

Tugas kita biasanya mempersiapkan jaringan hingga jaringan tersebut siap diperiksa. tapi bukan berarti kita bisa segala-galanya yaa sobat. Analis Kesehatan juga punya kekurangan. kekurangannya tentu saja analis kesehatan tidak tau tentang macam-macam pengobatanya secara mendalam itu bagimana?. Meskipun kita sendiri diajari tentang ilmu pengobatan, tetapi hanya sekedar untuk tahu. Kita sebagai mahasiswa hanya sekedar di ajari hingga tau tapi belum tentu paham dan mengerti iyaa kan?. Jadi disini, profesi kita saling melengkapi. Begitu pula dengan pemeriksaan air dan makanan.

Demikian yang dapat saya sampaikan kali ini, maaf yaa sobat kalau ada salah kata atau apapun. Terima kasih

NAMA            : Venny Amalia Hajar

NIM                : 2240020030

PRODI            : D4 Analis Kesehatan

UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA (UNUSA)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun