Mohon tunggu...
VENNY AMALIA HAJAR
VENNY AMALIA HAJAR Mohon Tunggu... اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى اٰلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ

ig : vennyamaliaaa

Selanjutnya

Tutup

Bahasa

Sebagai Rakyat Indonesia Kita Harus Tahu Fungsi dan Sejarah Bahasa Indonesia

1 November 2020   01:23 Diperbarui: 1 November 2020   01:45 23 1 0 Mohon Tunggu...

Bagaimana sejarah Bahasa indonesia sih?. Jadi, sebelum kita bicara tentang hal-hal teknis, bagaimana cara kita menggunakan bahasa Indonesia dengan kaidah yang baik dan benar. Coba kita pelajari dulu sebenarnya bahasa Indonesia itu asal mulanya bagaimana? dan bagaimana dia bermetamorfosis, sehingga bisa menjadi seperti sekarang?

Sejarah bahasa Indonesia itu sangat diperlukan dikehidupan kita sehari-hari. Sebelum mengenai sejarahnya, apakah belajar sejarah itu sangat penting? menurut saya sendiri sangat penting, karena kita sendiri dari orang Indonesia yaa kan? Eh jangan salah yaa, kita setiap hari juga berbicara menggunakan Bahasa Indonesia.

Bahasa Indonesia tersendiri juga memiliki fungsi loh, masa sih?!. Diantaranya yaitu sebagai Bahasa resmi kenegaraan, bahasa pengantar resmi di lembaga-lembaga pendidikan, bahasa resmi di dalam perhubungan pada tingkat nasional untuk kepentingan perencanaan dan pelaksanaan pembangunan serta pemerintah, dan bahasa resmi di dalam pengembangan kebudayaan dan pemanfaatan ilmu pengetahuan serta teknologi modern.

Bagaimana sih pembentukannya Bahasa Indonesia itu?. Kalian semua pada ngerti atau tidak yaa bahwa Bahasa terdapat dari gabungan beberapa bahasa yaitu yang pertama bahasa Melayu, yang kedua bahasa daerah dan yang ketiga yaitu bahasa asing. Dari beberapa Bahasa tersebut dapat di gabung menjadi satu Bahasa, yaitu Bahasa Indonesia.

Sobat kompasiana sekalian, kita perlu memahami bahwa Bahasa Indonesia itu lahir dari latar sosial perjuangan kemerdekaan bangsa Indonesia. Kita sendiri pasti tahu bahwa pada masa pra kemerdekaan bangsa kita, leluhur kita itu sedang berjuang sekuat tenaga membebaskan diri dari cengkraman penjajahan. Oleh karena itu ada momen-momen yang sangat penting misalnya pada tahun 1928 terjadi peristiwa Sumpah Pemuda dan pada saat itu pula Bahasa Indonesia disebut sebagai bahasa pemersatu.

Pada saat itulah leluhur kita mengikrarkan bahwa menjunjung tinggi bahasa persatuan yaitu Bahasa Indonesia. Kenapa pada momen sumpah pemuda itu diikrarkan bahwa Bahasa Indonesia adalah bahasa persatuan kita? para leluhur kita itu adalah orang-orang yang sangat berharga, orang-orang yang memiliki intelektualitas tinggi. Mereka tahu bahwa bahasa punya peran penting dalam mempersatukan sebuah bangsa.

Oleh karena itu, Bahasa Indonesia memiliki peran penting dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia. Kita sebagai anak muda yang sudah diwarisi sangat beruntung, karena memiliki alat komunikasi yang sudah relatif lengkap dan lancar, pasti benar dong?!. Nah kita sudah bisa berkomunikasi dengan orang-orang dari berbagai daerah diseluruh Indonesia ini dan merupakan suatu keuntungan dan berkah bagi kita sendiri maupun orang lain.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x