Mohon tunggu...
Ni Nyoman Vena Riana Dewi
Ni Nyoman Vena Riana Dewi Mohon Tunggu... Freelancer - Blogger

Currently studying Communication Science. Food and beauty enthusiast. Interested in Journalism. :) Email: venariana.dewi@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Intip 6 Karakteristik Media Baru dan Penerapannya, Kamu Harus Tahu!

7 September 2020   19:27 Diperbarui: 7 September 2020   22:22 207
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Di zaman sekarang, tentu tidak lepas dari yang namanya media baru. Kita dapat mengakses media baru dimana saja dan kapan saja. Namun, sebagai pengguna media baru, apakah kamu sudah tahu apa itu media baru dan bagaimana penerapannya? Mari kita intip penjelasan berikut ini.

KENALAN SAMA MEDIA BARU, YUK!

Dalam bukunya yang berjudul New Media: A Critical Introduction, Lister mengemukakan bahwa new media adalah media yang cara penggunaannya berbeda dengan media lainnya. Dalam new media, masyarakat tidak perlu menunggu waktu tertentu, membeli koran atau mendengarkan radio pada saat tertentu. 

Hanya menggunakan perangkat sederhana (seperti smartphone) yang memiliki akses untuk informasi tak terbatas (melalui internet), masyarakat sudah bisa mengakses new media. Contoh dari new media, yakni media online. 

MEDIA ONLINE

Dikutip dari Lingga dan Syam (2018), Ashadi Siregar mengatakan media online merupakan sebutan umum bagi media berbasis telekomunikasi dan multimedia (komputer dan internet). Pada zaman sekarang, media online menjadi suatu jalan pintas media yang mudah diakses untuk mengetahui suatu informasi atau berita. 

Salah satu contoh media online yakni seperti portal berita media online yang banyak bertebaran di internet. Misalnya, seperti portal berita CNN Indonesia. 

Cable News Network Indonesia atau yang kita kenal dengan nama CNN Indonesia merupakan  saluran berita yang dimiliki oleh Trans Media, dan bekerja sama dengan Turner Internasional, perusahaan pemilik CNN. 

CNN Indonesia disiarkan pertama kali pada tanggal 17 Agustus 2015, serta melakukan peluncuran utamanya yang dimulai dari tanggal 15 Desember 2015, dalam rangka memperingati hari lahirnya Trans Media ke 14 tahun. CNN Indonesia pun mulai melebarkan sayapnya, dari stasiun televisi, hingga memiliki portal berita online yang dapat diakses melalui cnnindonesia.com.

6 KARAKTERISTIK MEDIA BARU DALAM CNNINDONESIA.COM

Lantas, apakah CNN Indonesia sudah menerapkan 6 karakteristik media baru? Berikut 6 karakteristik media baru menurut Lister dan contoh penerapannya dalam portal berita CNN Indonesia:

1. Digital 

Digital merupakan segala sesuatu yang telah diubah dalam bentuk angka-angka, lalu data akan dikoding dan dikeluarkan dalam bentuk gambar, teks, video dan sebagainya. CNN Indonesia sudah menerapkan karakteristik digital, dilihat dari adanya beberapa gambar serta video sebagai pelengkap berita dalam platform media online tersebut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun