Mohon tunggu...
Venansius Priade Christian
Venansius Priade Christian Mohon Tunggu... Penulis Indie

Buku : Do More to Gain More

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Berencana, Pentingkah?

29 April 2019   21:57 Diperbarui: 30 April 2019   08:40 128 0 0 Mohon Tunggu...

Mengapa Berencana itu Penting?

Perencanaan merupakan aksi yang tidak asing lagi dalam pengertian kita. Seringkali kita mendengar bahwa dengan adanya sebuah perencanaan yang baik sebuah tujuan bisa diperoleh dengan lebih mudah. Nah, jadi mengapa sih perencanaan atau memiliki rencana itu penting, terutama untuk kalangan remaja yang sedikit lebih sulit untuk memulai sebuah perencanaan.

Perencanaan dapat,

1. Meningkatkan efisiensi

Dengan sebuah perencanaan yang matang, suatu hal bisa diselesaikan dalam waktu yang relative lebih singkat dibandingkan tanpa perencanaan, mengapa? Karena dengan adanya perencanaan yang baik kita sudah bisa melakukan penilaian tindakan apa yang harus kita lakukan dengan tidak membuang waktu hanya melakukan percobaan untuk hal tidak bermanfaat.

2.Mengurangi resiko

Perencanaan dibuat untuk melihat alternatif terbaik dari suatu tindakan sehingga benar-benar menghasilkan sesuai dengan rencana awal kita. Dengan membuat sebuah perencanaan sudah pasti kita juga turut memperhatikan data statistik pengalaman sebelumnya dari sebuah tindakan yang sama, hingga akhirnya resiko bisa lebih terkontrol dan diminimalisir sekecil mungkin.

3. Memberikan petunjuk yang benar

Seringkali kita kehilangan arah saat berjalan tanpa alat bantu atau perencanaan. Sebagai contoh, saat anda mengendarai sebuah kendaraan di sebuah kota yang sebelumnya tidak pernah anda kunjungi, maka jika anda tidak memiliki perencanaan untuk membawa smartphone dan meminta petunjuk dari google map maka sudah bisa diasumsikan bahwa perjalanan anda akan sangat tidak efektif. Sama halnya dengan lingkungan perusahaan atau keluarga, perlu adanya perencanaan besar untuk melihat, menilai, dan memperhatikan apakah tindakan dan hubungan yang saya ambil sudah tepat dan sesuai dengan yang saya dan partner harapkan? Jika belum kembalilah melihat daftar rencana anda kedepannya dengan lebih cermat.

4. Menjadi kontrol yang baik

Perencanaan yang baik bisa menjadi kontrol untuk situasi yang sedang kita alami saat ini, sebagai contoh saat anda merasakan bahwa kebebasan yang anda miliki sudah terlampau jauh dai batas normal, kembali lihat lagi rencana perubahan pribadi yang anda inginkan dan mulailah mengambil alih kontrol terhadap situai yang sedang berlangsung.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN