Mohon tunggu...
Vely Natalia
Vely Natalia Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa S1 Teknik Industri Universitas Airlangga

imigran dari sorga

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

[Book Review] "Ancika, Dia yang Bersamaku" Tetralogi Dilan Dimulai

29 Mei 2022   17:40 Diperbarui: 29 Mei 2022   17:47 388 5 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
sumber : dokumen pribadi penulis

"Dia mungkin punya masa lalu, tetapi saya punya Dilan." -- Ancika

"Ancika, Dia yang Bersamaku" adalah novel lanjutan dari trilogi Dilan (Dilan 1990, Dilan 1991, dan Milea) karya author favorit saya, Pidi Baiq

Sekedar informasi, tetralogi novel Dilan diangkat dari kisah nyata yang saling berkesinambungan dengan menghadirkan tiga sudut pandang yakni pada seri 1 dan 2 (Dilan 1990 dan Dilan 1991) diangkat berdasarkan persepsi Milea, pada novel ketiganya dengan judul "Milea" merilis cerita dari perspektif Dilan. 

Dan pada gilirannya, di seri ke 4 ini, Ancika bercerita. Dan kemudian novel Ancika inilah yang akan saya review nantinya. Jadi langsung saja, mari!.

Sebagai penggemar Ayah (sapaan Pidi Baiq), senang rasanya bisa membeli novel Ancika edisi terbitan I yang dibubuhi tanda tangan Ayah di halaman pertama serta ada sebuah amplop berisi copy-an puisi-puisi Dilan yang memang ditujukan untuk Ancika. Puisi sederhana, aneh, unik, dan tidak akan membuat orang heran, karena itulah Dilan.

Di halaman awal, novel dibuka oleh prolog Ancika yang lugas dan tegas seperti sudah menggambarkan bagaimana jati dirinya. 

Kemudian, pada bab ke satu, Ancika mulai memperkenalkan dirinya. Itu tidak menjadi hal yang membosankan bagi saya atau mereka yang memang sudah lama penasaran dengan sosok Ancika Mehrunisa Rabu. 

Lalu pada bab-bab berikutnya mulailah memasuki inti-inti cerita dan bagaimana Cika bertemu dengan Dilan pada akhirnya. 

Cerita berkembang ketika Dilan mulai dilibatkan. Bahwa dalam novel ini kita bisa tahu bagaimana kelanjutan hidup Dilan setelah tidak lagi bersama Lia. Kehidupan yang baru, dan dengan orang-orang baru. Dilan yang sudah bekuliah dan menjadi pribadi yang lebih dewasa, tapi tetap menjadi dirinya sendiri dan dengan humor-humor yang akan selalu melekat pada dirinya.

sumber : dokumen pribadi penulis
sumber : dokumen pribadi penulis

Hal-hal yang saya suka dari buku ini adalah bagaimana figur Ancika digambarkan memiliki kepribadian yang berpendirian dan tegas, rajin belajar, mementingkan pendidikan, apa adanya, dan toleran. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan