Mohon tunggu...
Varlie Zahrani Tsabitha Dozi
Varlie Zahrani Tsabitha Dozi Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi Universitas Airlangga

Saya mahasiswi Universitas Airlangga yang suka membaca isu-isu politik saat ini

Selanjutnya

Tutup

Surabaya

Suroboyo Bus & Trans Semanggi Salah Satu Fasilitas Terbaik di Surabaya

12 Juni 2022   21:56 Diperbarui: 13 Juni 2022   01:09 256 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Surabaya. Sumber ilustrasi: KOMPAS/BAHANA PATRIA GUPTA

Bus Suroboyo adalah bus kota yang hanya beroperasi di kota Surabaya. Bus ini pertama kali ada pada tahun 2018 yang didirikan oleh Tri Rismaharini, yang pada saat itu menjabat sebagai Wali Kota Surabaya. Bus ini dibuat untuk warga sekitar dan juga pengunjung kota Surabaya yang ingin mengetahui dan berkeliling Surabaya. 

Pada awalnya cara membayar bus suroboyo ini menggunakan botol plastik bekas yang memiliki tujuan agar ramah lingkungan. Tetapi seiring berjalannya waktu dan pergantian Wali Kota, yang saat ini Wali Kota Surabaya adalah Eri Cahyadi memiliki tujuannya sendiri.

Saat ini suroboyo bus menggunakan metode cashless yaitu menggunkan Qris dan menarik tarif Rp5000  untuk masyarakat umum dan Rp2500 untuk pelajar atau mahasiswa aktif. Menurut Eri Cahyadi selaku Wali Kota Surabaya “Metode ini memudahkan dan meningkatkan pelayanan publik”. Tarif tersebut adalah tarif mutlak ke semua rute yang dituju. Jadi meskipun jauh-dekat jaraknya tarifnya sama. Suroboyo bus memiliki rute ke semua daerah Surabaya.

Selain Suroboyo Bus ada juga Trans semanggi. Trans Semanggi sendiri tidak dipungut biaya. Trans semanggi memiliki 104 unit yang beroprasi dengan rute Lidah Wetan, Darmo, TP, Gubernur Suryo,Karang Menjangan, ITS, Tambak Wedi. Jarak antara bus hanya 12 menit. 

Suroboyo Bus dan Trans Semanggi memiliki fasilitas yang sama. Bus kota ini adalah bus modern yang di operasikan untuk meningkatkan dan melayani publik. Surabaya sendiri adalah kota yang ramai penduduk yang tentu saja banyak populasinya memiliki kendaraan pribadi yang mengakibatkan tingginya polusi udara. Dengan adanya Suroboyo Bus dan Trans Semanggi diharapkan agar mengurangi polusi udara dan mejadikan Surabaya kota yang ramah lingkungan.

Sebagai penulis yang saat ini adalah seorang mahsiswi Universitas Airlangga, Suroboyo bus sendiri menurut saya sangat membantu dan mudah dijangkau serta memiliki tarif yang murah dengan segala fasilitasnya. Sangat seru berkeliling kota Surabaya dengan menggunakan 

Bus Suroboyo apalagi sebagai kaum Z yang apa-apanya sekarang serba cashless Bus Suroboyo ini sangat ramah untuk penumpang. Bahkan ketika malam naik bus ini pun rasanya tenang dan tidak takut karena terang dan dingin, fasilitas bus ini tidak main-main. Semoga Suroboyo Bus dan Trans Semanggi bisa lebih menjangkau tempat-tempat yang belum ada dalam rute.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Surabaya Selengkapnya
Lihat Surabaya Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan