Mohon tunggu...
Vari Imanusari
Vari Imanusari Mohon Tunggu... Lainnya - Ibu Rumah Tangga Produktif,Mantan Guru TK,Penjual Kue-Kue dan Bakery Online

Ibu Rumah Tangga Produktif,Mantan Guru TK,Penjual Kue-Kue dan Bakery Online

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Kerupuk Khas Daerah Bandung Jawa Barat

29 November 2022   21:05 Diperbarui: 29 November 2022   21:18 341
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foodie. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Kerupuk adalah makanan khas dan favorit banyak penduduk Indonesia. Saking favoritnya ada banyak jenis kerupuk di Nusantara. Ciri khas kerupuk adalah bisa membuat suasana makan menjadi lebih bersemangat dan nikmat.Kebanyakan kerupuk digoreng sebelum disajikan sebagai makanan atau camilan. Kerupuk yang menjadi khas daerah Bandung Jawa barat yaitu di antaranya kerupuk berwarna orange.

 Kerupuk ini berwarna orange,berbentuk bulat-bulat kecil tipis gepeng.Terbuat dari campuran tepung tapioka,tepung terigu,bawang putih yang dihaluskan,air,diberi pewarna orange.Kemudian dicampur menjadi satu lalu dibentuk  lonjong bulat,lalu dikukus. 

Setelah dikukus dimasukkan kedalam kulkas beberapa saat hingga mengeras.Kemudian setelah dikeluarkan dari kulkas diiris tipis-tipis.Selanjutnya dijemur hingga kering dibawah sinar matahari.Oleh karena itu kerupuk ini kemudian dinamakan menjadi merk kerupuk 'Matahari Terbit' atau merk 'Sumber Sari',dan masih banyak merk kerupuk ini di Bandung untuk menamakan kerupuk orange yang dimaksud.

Kalau keluarga kami sering menyebutnya dengan nama kerupuk Sumber Sari.Kerupuk ini adalah kerupuk favorit keluarga kami karena murah,dibuatnya pun mudah dengan hanya menyimpan minyak panas 250 mlt diatas wajan lalu dimasukkan kerupuk Sumber Sari ini segenggam digoreng hingga mekar lalu diangkat.Kemudian dimasukkan kerupuk berikutnya terus hingga 250 gram kerupuk itu habis tergoreng,mendapatkan dua toples besar.

Di daerah kami di Bandung kerupuk ini biasa menjadi penyerta makanan atau sebagai toping makanan diatasnya seperti lotek,kupat tahu,lontong kari,nasi kuning,nasi goreng dan sebagainya.

Selain digoreng kerupuk ini di daerah kami dapat diolah menjadi makanan yang disebut dengan 'Seblak Kerupuk Basah'.Apakah itu seblak kerupuk basah? Seblak kerupuk basah adalah kerupuk orange atau Sumber Sari yang diracik bersama bumbu bawang putih,bawang merah,cabe merah,kencur,daun jeruk,lada,garam,gula (untuk yang suka),bumbu kaldu,lalu ditumis dan diberi air kaldu tulang ayam atau ceker ayam.Kadang disertai siomay kering,tahu kering,telur. 

Makanan ini kadang dibandrol dari harga Rp 7500,- sampai Rp 20.000,- /porsi tergantung topingnya apa dan banyaknya toping dalam satu porsi.

Makanan ini didapat di kaki lima atau di Mall-Mall juga sudah ada,dengan inovasi mereka masing-masing.Bahkan di era Pandemi seperti sekarang makanan ini dapat dengan melihat menu di Go-Food atau Grab-Food lalu dipilih di Hand Phone tinggal pesan,alamat  rumah jelas dapat langsung sampai depan rumah.Tinggal makan tidak perlu memasak sendiri.

Kini kerupuk ini telah tersebar diberbagai kota di Indonesia.Bahkan kerupuk ini pun dapat diolah menjadi 'Kerupuk Seblak Kering'.Kerupuk Seblak Kering yaitu kerupuk Sumber Sari yang digoreng dalam minyak dingin,sehingga kerupuk menjadi bantat atau tidak mekar.Sengaja dibuat bantat agar menjadi kriuk yang renyah kemudian diberi bumbu cabai kering pedas. Adapun tingkat pedasnya pun bervariasi.Pedas,Pedas sekali,Pedas daun jeruk.

Demikianlah kerupuk khas daerah Bandung Jawa Barat yaitu kerupuk orange yang sering juga orang sebut kerupuk Sumber Sari atau kerupuk Seblak.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun