Mohon tunggu...
Varhan AZ
Varhan AZ Mohon Tunggu... Auditor - Penyemangat

Beneficial #ActivistPreneur

Selanjutnya

Tutup

Hukum

Sumpah Saya Tak Takut Polisi

10 Juli 2019   11:12 Diperbarui: 10 Juli 2019   11:24 124
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Hukum. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

*SUMPAH,  SAYA GA TAKUT POLISI!!!*Oleh : Varhan Abdul Aziz
*(testimoni netizen, tentang polisi jaman now)*

Dulu saya takut sama Polisi. Kakek saya Militer,  pangkat bintara, tapi saya takut Polisi, takut ditilang.  Makanya dulu saya mau masuk Akpol. Tapi syaratnya ga cukup, akhirnya ikut seleksi Akmil, ga lolos 2x,  nasib.

Sekarang sy ga takut lagi sama Polisi.  Ada hikmahnya ga lolos seleksi,  saya kuliah,  ikut pergerakan mahasiswa, jadi leader di kampus, rajin demo,  sering ketemu Polisi.

Dijalan saya belajar,  mereka orang biasa juga kaya kita. Punya keluarga, dan menjalani tugas karena kerja. Kalau bisa pilih,  mereka mungkin mau dirumah sama anak istri. Tapi harus nemenin kami mahasiswa yg demo buat rakyat,  ngaturin biar ga macet jalan,  jagain biar ga rusuh.

Dari situ saya belajar,  mereka enak diajak ngobrol. Komandan polisi yang kalau lgi demo akrab bincang dengan kami. Dia kasih arahan persuasif, kalau ga boleh kami lobi, dia layanin dengan alus,  pelan2, ga keras2,  karena bisa berabe kalau mahasiswa dimarahin.

Pendekatan dialogis, saya suka. Kita yg tadinya mau marah2,  jadi pikir2  segan jadi ramah2. Itu para sabhara juga suka kasihan sih liatnya, gara2 kita jadi kecapean,  polisi2 muda siap perintah,  pegang tameng didepan barikade mahasiswa.  Kadang suka saya ajak ngobrol, tanya asal dari mana,  umur berapa. Ternyata umurnya se ade - adean saya.  

Di jalan dulu saya takut ditilang. Ya karena ga punya sim.  Sekarang punya, pede ae. Kalau di setop, razia resmi saya kasih SIM, STNK.  lengkap, bebas jalan lagi.  Kalau salah ya tilang.  Bayarnya ke BRI.  Ga ada masuk kantong oknum,  semua udah pakai e-tilang,  bayar transfer,  masuk kas negara,  itung2 nyumbang sbagai warga negara,  hikmah salah,  sedekah buat bangsa.  Tapi jangan sering2,  boncos.

Pernah saya ditilang, lupa hari ganjil genap. Sy bilang sy penyuluh jejaring BNN. Tetep aja ditilang,  ga pandang bulu. Biarpun amsyong,  ya tetep salut, hukum berlaku untuk semua.

Saya usaha rental. Mobil saya dibawa kabur sama penyewa ke lampung.  Sy bikin laporan,  gratis semuanya, pelayananya baik,  ga dimarah2in. Kayak citra polisi jadul yg galak.  Semua dilayanin sistematis,  lapor ke Reskrim,  diarahin ke Ranmor,  bikin SPKT,  masuk berkas, nunggu jadwal BAP,  di telepon,  penyidikan,  lanjut penyelidikan,  pengejaran.

Alhamdulillah mobil ketemu, kerjasama 2 Polres,  Pesawaran  dan Polres Tangsel.  Mobil saya diambilin sama personil Polres Tangsel dari lampung. Saya ga cape - cape musti kesana, Saya ga bayar sama sekali.  Terimakasih pak polisi.

Bikin SIM, harga motor 100rb,  mobil 120rb.  Saya bayar seharga itu. Ga ada calo. Cuma ya itu,skill musti gape. Kalo salah dikit,  ya harus rela cape bulak balik.  Saya 3x gagal,  2 minggu sekali bulak balik ke Satpas SIM. Biar kata saya ada kenalan polisi, ga ngaruh,  aturan ya aturan,  jalanin, pastikan layak,  baru dapet SIM.  akhirnya ujian ke 4x saya lolos. Seneng. Puas banget.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hukum Selengkapnya
Lihat Hukum Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun