Indonesia masih dilanda pandemi hingga saat ini yang mengharuskan Universitas Pendidikan Indonesia kembali menggelar Kuliah Kerja Nyata atau biasa disingkat KKN secara online. Pada tahun ini, program KKN UPI berfokus pada penanggulangan dampak di bidang ekonomi serta pendidikan, karena kedua sektor tersebut adalah yang paling terkena dampak pandemi Covid-19. Adapun tema dari KKN UPI yakni Kuliah Kerja Nyata Tematik Membangun Desa melalui Bidang Pendidikan dan Ekonomi dalam Implementasi MBKM pada Masa Pandemi  (KKN Tematik MDPE-MBKM). Mahasiswa diberi kesempatan untuk memilih tema mana yang akan menjadi program KKN-nya. Saya sendiri memilih membangun desa melalui bidang pendidikan.
Dalam penerapannya saya melakukan penguatan dan pendampingan pembelajaran untuk berbagai mata pelajaran yang bertempat di SDN Mustika Jaya VI Kota Bekasi yang tentunya dilakukan secara daring, melakukan kerja sama dengan pihak sekolah, guru, murid, orang tua, serta lembaga sosial yang peduli di bidang pendidikan. Â
Melalui pendampingan tersebut, saya mengetahui apa saja kendala yang dihadapi elemen pendidikan. Tentunya, teknologi menjadi peran yang sangat penting dan utama dalam proses pembelajaran di masa pandemi ini. Dengan adanya kendala yang ada, menjadikan proses pembelajaran menjadi terhambat atau tidak efektif. Saya melakukan upaya agar pembelajaran dapat berjalan semestinya dengan mendampingi guru dalam mendesain media pembelajaran yang cocok untuk pembelajaran daring ini.Â
Media pembelajaran dinilai menjadi penunjang suksesnya kegiatan belajar mengajar. Saya pun mendampingi serta memberi penguatan terhadap anak yang kesulitan dalam memahami pelajaran. Hal tersebut, sekaligus sebagai bentuk kegiatan pendampingan orang tua, yang mana orang tua sebagai pendidik utama mempunyai peran penting dalam pembelajaran di masa pandemi ini.