Mohon tunggu...
valent tyaniko
valent tyaniko Mohon Tunggu... Pelajar

Jauh dari kata sempurna

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Yuk! Analisis Kondisi Sosial di Sekitarmu

24 Februari 2021   00:56 Diperbarui: 24 Februari 2021   01:14 62 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Yuk! Analisis Kondisi Sosial di Sekitarmu
Dokumen Pribadi

Tidak dapat dipungkiri bahwa pada kenyataannya semua manusia merupakan makhluk sosial yang tidak dapat hidup sendiri. Itu artinya manusia membutuhkan orang lain untuk memenuhi atau menunjang aktivitasnya dalam kehidupan sehari-hari. 

Namun sayangnya di era Globalisasi saat ini seringkali ditemukan sikap-sikap manusia yang tak acuh dengan kejadian atau peristiwa sosial yang ada disekitar mereka. Hal ini biasanya dikarenakan mereka menganggap telah menemukan dunianya sendiri atau dalam kata lain seluruh kebutuhan yang mereka perlukan sudah terpenuhi didalam internet. 

Berkaitan dengan fenomena tersebut, belakangan ini muncul sebutan baru yang ditujukan bagi orang-orang tak acuh dengan kejadian atau peristiwa sosial yang ada disekitarnya, sebutan tersebut adalah ansos atau anti sosial. Hal ini tentunya tidak baik bagi individu yang anti sosial maupun bagi orang-orang disekitarnya karena imbas yang ditimbulkan dari individu yang anti sosial adalah hilangnya rasa kemanusiaan karena sudah terkikis dengan adanya teknologi yang semakin canggih.

Demi menghindari hal tersebut, tentunya penting bagi kita untuk mengetahui dan peduli terhadap peristiwa sosial yang ada disekitar kita. Salah satu cara yang dapat dilakukan kita untuk peduli terhadap fenomena yang ada disekitar kita adalah dengan melakukan analisis sosial. Mungkin sebagian kita masih asing mendengar kata analisis sosial, lantas apa itu analisis sosial dan apa manfaatnya bagi kehidupan kita? 

Menurut Holland dan Henriot (Makinuddin & Sasongko, 2006.), analisis sosial adalah sebuah usaha untuk mendapatkan gambaran yang jelas dan lengkap mengenai sebuah permasalahan sosial yang sedang terjadi dengan menggali hubungan historis dan strukturalnya. 

Menurut Raditya (2020), analisis sosial merupakan suatu bagian yang berkaitan dengan proses interaksi masyarakat dalam mengatasi permasalahan sosial. Analisis sosial memiliki peranan penting dimana realita yang diamati menjadi lebih spesifik terhadap situasi sosial, hubungan struktural, kebudayaan, hingga sejarah.

Melihat pengertian analisis sosial berdasarkan kedua sumber diatas tentunya anlisis sosial memiliki banyak manfaat positif, adapun manfaat positif yang kita dapatkan dalam melakukan analisa sosial antara lain adalah:

  • Peka terhadap lingkungan

Sebelum melakukan analisis sosial, tentunya kita harus memiliki rasa peka terhadap peristiwa sosial yang ada disekitar kita. Mengapa demikian? Karena dalam analisis sosial kita dituntut untuk mengetahui masalah apa yang terjadi dalam fenomena tersebut, terdapat banyak fenomena atau peristiwa yang jika diamati kelihatannya baik-baik saja namun aslinya terdapat permasalahan yang serius, disinilah tingkat kepekaan kita mengidentifikasi sebuah peristiwa diperlukan.

  • Melatih berfikir kritis.

Dengan melakukan analisis sosial tentunya kita didorong untuk memahami dengan baik mengenai permasalahan apa dan bagaimana cara penanganannya. Tentunya disetiap permasalahan membutuhkan penanganan yang berbeda sesuai masalah yang dihadapi. Kita dituntut untuk terus menambah wawasan dan pengetahuan kita, maka dengan cara tersebut tersebut secara tidak langsung kita dilatih untuk berfikir kritis.

  • Menumbuhkan sikap peduli

Setelah kita dapat menemukan dan mengidentifikasi permasalahan yang ada, tentunya kita akan ikut menangani permasalahan tersebut sampai selesai dengan tuntas. Secara tidak langsung hal tersebut termasuk pada adanya sikap peduli kita terhadap permasalahan yang ada disekitar kita.

  • Bekal atau pengalaman

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x