Mohon tunggu...
utomo
utomo Mohon Tunggu... Hobi membaca dan Sedikit Menulis

Tak Ada Yang Istimewa

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Sebuah Catatan Kecil Mengenai Agama

26 Oktober 2019   14:15 Diperbarui: 26 Oktober 2019   14:20 77 0 0 Mohon Tunggu...

Keutamaan Ilmu Pengetahuan

Allah Berfirman :

"Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu berfirman kepada para malaikat : Sesungguhnya aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi. Mereka berkata,"Apakah Engkau hendak menjadikan orang yang merusak dan menumpahkan darah di sana, sedangkan kami bertasbih memuji-Mu dan mensucikan nama-Mu ?". Dia berfirman,"Sungguh Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui."

( Q.S Al Baqarah : 30 )

Allah menciptakan Adam dari Tanah dan mengajarkan kepada Adam nama-nama benda. Ketika  Malaikat tidak dapat menjawab, maka Adam dapat menjawabnya. Lalu Allah memerintahkan para malaikat untuk sujud kepada Adam. Semua malaikat sujud kecuali iblis yang merasa dirinya lebih mulia dari Adam. Karena kesombongannya itu iblis di usir dari surga.

Ketika Nabi Sulaiman ditawari oleh Allah untuk memilih Ilmu Pengetahuan, harta atau kekuasaan, maka Nabi Sulaiman memilih Ilmu Pengetahuan. Dengan tegas Nabi Sulaiman memilih Ilmu Pengetahuan. Pilihannya itu terbukti adalah yang terbaik, karena dengan ilmu pengetahuan, Nabi Sulaiman mendapatkan Kekuasaan berupa kerajaan yang luas, kaya dan makmur beserta wanita-wanitanya.

"Wahai orang-orang yang beriman, apabila dikatakan kepadamu, "Berilah kelapangan di dalam majelis-majelis," maka lapangkanlah, niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan Apabila dikatakan, "Berdirilah kamu," maka berdirilah, niscaya Allah akan mengangkat derajat orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat. Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan". 

( Q.S Al-Mujadilah : 11 ).

Firman Allah :

Wahai golongan jin dan manusia, Jika kamu sanggup menembus penjuru langit dan bumi, maka tembuslah. Kamu tidak akan mampu menembusnya kecuali dengan kekuatan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x