Mohon tunggu...
uung edwin
uung edwin Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Ilmu Perpustakaan Universitas Negeri Malang

Hello

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

"Review Buku dan Melukis" Program Kolaborasi Mahasiswa UM dengan Komunitas Literasi Sabtu Membaca Kota Malang

28 November 2022   15:52 Diperbarui: 28 November 2022   15:53 232
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mahasiswa S1 Ilmu Perpustakaan Universitas Negeri Malang angkatan 2021 telah melaksanakan kegiatan “Review Buku dan Melukis” pada Hari Minggu (26/11/2022) yang dilaksanakan di Taman Slamet, Jl. Taman Slamet No.8, Gading Kasri, Kec. Klojen, Kota Malang. Program kegiatan ini dilaksanakan atas hasil dari kerjasama antara Mahasiswa S1 Ilmu Perpustakaan dengan Komunitas Literasi Sabtu Membaca.

Tujuan diadakannya kegiatan ini yaitu untuk menarik minat literasi anak-anak dan mengasah kreativitas mereka terutama pada anak-anak ditingkat sekolah dasar. Selain itu juga mengajak anak-anak untuk  sejenak meninggalkan keseringan mereka bermain gadget.

Kegiatan ini diawali dengan anak-anak untuk memilih buku khusus anak-anak sesuai keinginan mereka untuk dibaca. Setelah selesai membaca, anak-anak akan menuliskan review atas isi buku yang telah mereka baca. Entah itu mengenai tokoh, alur cerita hingga amanat yang terkandung setelah itu anak-anak akan menggambar atau memvisualisasikan apa yang di baca kedalam sebuah gambar dikertas. Teman-teman Mahasiswa tidak menuntut anak-anak untuk mengerjakan sesempurna mungkin sebab dalam ini anak-anak dapat berkreasi sesuai keinginan. Lalu sesi terakhir adalah anak-anak akan membacakan dan menceritakan atas review atau tulisan ide pokok dari buku yang telah mereka baca yang tentunya ini akan melatih anak-anak untuk tidak malu dan berani berbicara didepan orang banyak.

Dokpri
Dokpri

Dokpri
Dokpri

Dokpri
Dokpri

Dokpri
Dokpri

Untuk anak-anak berumur dibawah 9 tahun telah disediakan kertas siap gambar beserta alatnya. Ada banyak karakter yang dipilih anak-anak mulai dari benda, alam sekitar hingga hewan-hewan lucu. Para orang tua yang mendampingi anaknya mengaku senang atas diadakannya kegiatan semacam ini karena anak-anak dapat mengasah kreativitas dengan bermain dan belajar.

Dokpri
Dokpri

Dokpri
Dokpri

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun