Abstrak: Seiring dengan berkembangnya popularitas TikTok di Asia Tenggara, semakin banyak kreator memilih untuk melakukan live streaming dan menjual barang di TikTok demi mendapatkan penghasilan tambahan. Baru-baru ini, UTen, agensi MCN resmi yang bekerja sama dengan TikTok, telah membantu banyak kreator mendapatkan penghasilan lewat live streaming di TikTok.
1. Live TikTok Shop, cara baru bagi kreator untuk cuan
Seberapa cepat perkembangan TikTok? TikTok telah menjangkau 150 negara dan tersedia dalam 75 bahasa. Dalam kurun 4 tahun, pengguna aktif bulanan melebihi 1 miliar dan unduhan global melebihi 3 miliar kali.Â
Menurut data statistik, pembelanjaan konsumen global TikTok pada kuartal pertama tahun 2022 melebihi $840 juta, angka ini meningkat 40% dari kuartal keempat tahun 2021. TikTok telah menjadi aplikasi paling menghasilkan di dunia, melampaui aplikasi dan game apa pun.
Setiap hari, ada banyak pengguna mencari konten dan berbelanja di TikTok. Di antara mereka, sebanyak 25% pengguna akan melihat deskripsi produk dan melakukan pembelian setelah menonton live streaming di TikTok, sebanyak 67% pengguna mengatakan bahwa informasi di TikTok menambah keinginan mereka untuk berbelanja. Hal ini merupakan salah satu alasan menarik bagi para kreator untuk berjualan di live streaming TikTok, dan hasilnya mereka mampu meraup banyak keuntungan.
Berdasarkan analisis platform data UTen, GMV live streaming harian Indonesia telah melampaui $1,5 juta, dan live streaming harian sekitar 15.000 kali, ini merupakan pasar mancanegara TikTok yang paling matang. Saat ini, Indonesia adalah pasar paling potensial untuk live e-commerce TikTok di mancanegara, dan produk perawatan serta kecantikan adalah produk yang paling diminati konsumen.
 2. UTen akan membantu kreator menghasilan uang dari live streaming
Meskipun metode live streaming kreator TikTok telah berhasil dibuktikan di TikTok China, tetapi hal ini masih relatif asing bagi banyak kreator di Asia Tenggara yang baru ingin mencoba live streaming. Bisa jadi karena kurangnya kerjasama tim profesional dan dukungan supply chain, jadi sulit bagi mereka untuk merealisasikan trafik sendiri. Terkait hal ini, UTen selaku agensi resmi TikTok hadir untuk menyediakan layanan one-stop kepada para kreator.