Mohon tunggu...
Utari ninghadiyati
Utari ninghadiyati Mohon Tunggu... Lainnya - Ibu

Seorang ibu yang masih belajar menulis

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Internet Lancar Memudahkan Belajar Hangeul

3 Juli 2022   06:38 Diperbarui: 7 Juli 2022   04:57 97 5 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Menonton drama korea ternyata memantik rasa ingin tahu Andita untuk belajar bahasa Korea. Ia berharap suatu saat nanti bisa melanjutkan kuliah di sastra Korea. Serta bisa menjejakkan kakinya di negara ginseng tersebut. 

Ia tidak mau keinginan itu hanya mimpi. Langkah awal dilakukan dengan belajar bahasa korea dari internet. Melalui smartphone, pelajar sekolah menengah itu berselancar mencari orang (konten kreator) atau lembaga yang mengajarkan bahasa Korea secara daring. 

Jari-jarinya dengan lincah menggeser dan membuka setiap laman yang didapatnya. Diteliti dan dipelajarinya setiap laman dengan seksama. Rupanya ada beberapa lembaga pengajaran yang menarik perhatiannya. Semua dicatatnya dalam buku saku. 

Penjelajahnya belum berakhir, kini ia mulai merambah media sosial. Ternyata tidak sedikit konten kreator yang membagikan pengetahuannya tentang bahasa korea. 

Bagaimana cara pengucapan, bagaimana menuliskan kata-kata tersebut, hingga memberikan informasi dasar tentang huruf hangeul. Semua yang dilakukan Andita tanpa perlu keluar rumah. Jaringan internet IndiHome benar-benar memudahkannya dalam belajar. 

Kuatnya sinyal tentu sangat membantu dalam melihat video pembelajaran. Tak ada istilah putus-putus yang akan menganggu proses belajar. Andita bisa dengan baik mengulangi konten atau materi pelajaran sesuai keinginan. Termasuk saat belajar pengucapan kata. 

Manfaat internet memang sangat besar dalam menunjang proses belajar, terutama untuk pelajar seperti Andita yang berada di Kalimantan. Orangtua Andita pun senang karena jaringan Telkom Indonesia sudah tersedia di wilayah tempat tinggalnya. 

Bentangan kabel hitam itu tidak hanya mengantarkan informasi, namun juga kebahagiaan untuk masyarakat Indonesia. Semakin lama, cakupan layanan Telkom Indonesia semakin luas. Tentu saja keadaan ini sangat mengembirakan. 

Kemudahan berselancar akan memudahkan masyarakat dalam melakukan berbagai hal yang berkaitan dengan dunia digital. Komunikasi menjadi lebih lancar. Kegiatan jual beli dapat dilakukan dengan mudah dan seperti tak berbatas wilayah. 

Proses belajar pun lebih menyenangkan. Serta memperlancar pekerjaan. Tidak salah kalau ada ungkapan bahwa dunia berada dalam gengaman. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan