Mohon tunggu...
Uswatun Chasanah_AnA
Uswatun Chasanah_AnA Mohon Tunggu... Guru - mahasiswa di STAI Al Fithrah Surabaya

hobi membaca dan menonton animasi

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mahasiswa Sulit Menyerap Ilmu? Mungkin Adab Penyebabnya

25 Mei 2022   14:35 Diperbarui: 25 Mei 2022   14:42 53 1 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Menuntut ilmu adalah kunci yang begitu penting dalam menjalankan kehidupan di dunia maupun nanti setelah kita meninggal dunia. Segala hal yang akan kita lakukan, maka hendaknya didasari oleh ilmu pengetahuan agar dapat berjalan dengan baik dan maksimal. Dalam semua agamapun telah mengajarkan bagaimana adab kita dalam mencari ilmu. Seperti halnya dalam agama Islam, dimana  telah disebutkan dalam Hadits bahwa menuntut ilmu itu hukumnya wajib bagi muslim laki-laki maupun muslim perempuan.

"Menuntut ilmu itu wajib atas setiap Muslim." (HR. Ibnu Majah no. 224)

Sebagaimana diketahui, bahwa pendidikan formal di Indonesia salah satunya adalah Perguruan Tinggi. Dalam perguruan tinggi, orang-orang yang menuntut ilmu disana disebut sebagai Mahasiswa. Mahasiswa sendiri mempunyai tingkat lebih tinggi dibandingkan siswa. Pola pikirnya yang lebih dewasa dan gaya belajarnya yang lebih bebas menjadi ciri khas tersendiri bagi Mahasiswa. Sebagai salah satu contoh dalam penggunaan Hp, mahasiswa cenderung lebih bebas dalam menggunakannya di dalam kelas.

Namun, dapatkah kita mengetagui bahwasanya ketika menuntut ilmu kita harus mempunyai adab yang baik agar kita dimudahkan dalam menuntut ilmu dan ilmu yang kita dapatpun bermanfaat. Berikut adalah kebiasaan yang sering dilakukan mahasiswa sehingga bisa menjadi penyebab Mahasiswa sulit menyerap ilmu:

1. Asik bermain Hp saat proses pembelajaran

Telepon genggam menjadi prioritas semua orang dizaman modern ini. Namun, adakalanya beberapa orang menggunakan telepon genggam tidak sesuai waktu dan tempatnya. Salah satunya adalah Mahasiswa, tidak sedikit dari mahasiswa saat temannya presentasi atau dosennya sedang menerangkan, mereka malah asik dengan telepon genggamnya masing-masing. Padahal yang mereka lihat juga belum tentu sesuatu yang penting, banyak dari mereka yang melihat tik tok, ig, fb, story wa, dll. Mereka sibuk dengan dunianya sendiri dan tidak menghiraukan dosen atau temannya yang sedang menerangkan. Akibatnya mereka tidak mendengarkan materi yang diterangkan. Kurang menghargai inilah yang dapat menjadikan penghambat mahasiswa sulit dalam menyerap ilmu dan ilmu yang didapatkan kurang barkah.

2. Asik berdiskusi di grub chat kelas

Ketika ada temannya yang presentasi atau dosennya sedang menerangkan. Tidak jarang mahasiswa sekarang mencari kesalahan teman atau dosennya sehingga menimbulkan perbincangan hangat di grub mereka. Mereka sibuk diskusi di grub chat sambil tersenyum sesekali karena membicarakan orang lain. Hal ini merupakan sesuatu yang tidak terpuji, terlebih lagi yang dibicarakan adalah seorang dosen dimana dalam agama Islampun sangat memuliakan seorang guru. Hal tersebut bisa menjadi penghambat mahasiswa dalam proses mencari ilmu.

3. Asik mengerjakan tugas saat proses belajar berlangsung

Hal yang sering kita lihat pada Mahasiswa sekarang, tidak jarang mahasiswa yang mengerjakan tugasnya diwaktu yang tidak tepat. Salah satunya saat proses pembelajaran berlangsung. Mengerjakan tugas disaat orang lain sedang menerangkan adalah suatu hal yang tidak terpuji karena tidak menghargai dan tidak menghormati seorang dosen. Akibatnya,  mereka tidak dapat mengikuti pelajaran dengan baik. Hal tersebut dapat menjadikan mahasiswa sulit dalam menyerap ilmu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan