Mohon tunggu...
USTUM AL ARIF BILLAH
USTUM AL ARIF BILLAH Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Hobi berkegiatan di alam terbuka, sebagai atlet hockey

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Bugar Jasmani bersama Siswa SD Pasir Sereh

18 Agustus 2022   15:26 Diperbarui: 18 Agustus 2022   15:32 87 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Kampung pasir sereh merupakan kampung yang ada di desa campakamulya kecamatan cimaung dengan jumlah sebanyak 4 RT. Masyarakat disana mayoritas sebagai seorang petani kopi, cengkeh, dan sayuran palawija.

Di kampung tersebut terdapat sebuah sekolah dasar binaan desa yang mana sekolah tersebut dibangun  secara mandiri atau swasta oleh desa setempat untuk masyarakat pasir sereh yang terkendala jarak ke sekolah dasar negeri terdekat yang berjarak kurang lebih 5Km dari kampung pasir sereh. 

Siswa di SD Pasir sereh ini rata-rata orang tua mereka merupakan seorang petani dan kebanyakan diantara mereka pun sering membantu orang tua nya untuk pekrjaan di kebun.

Di SD Pasir sereh sendiri kesadaraan akan olahraga atau kebugaran jasmani nya terbilang masih cukup rendah. Padahal olahraga sendiri merupakan salah satu aktivitas atau kegiatan yang sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan  dan kebugaran tubuh(Purbosari et al., 2019). 

Pemerintah pun mendorong kegiatan aktif  berolahraga ini meski pada praktik di lapangan nya masih banyak masyarakat yang belum bisa melaksanakan pola hidup sehat termasuk siswa SD Pasir Sereh. Selain untuk menjaga kesehatan berolahraga juga dapat meningkatkan atau melatih gerak motorik pada anak. 

Perkembangan motorik  sendiri adalah perkembangan jasmani yang melibatkan aktivitas gerak. Perkembangan motorik terbagi menjadi 2 yaitu pekembangan motorik kasar dan motorik halus., motorik kasar sendiri melibatkan otot-otot besar dalam kegiatan nya dan membutuhkan tenaga yang cukup besar untuk dapat menggerakan seluruh tubuh. 

Kegiatan untuk melatih motorik kasar diataranya; berjalan, berlari, melompat.(Sayfi'i & Ilmayanti, 2021)

Dokpri
Dokpri

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya siswa SD pasir sereh cenderung kurang aktif berolahraga meski olahraga merupakan salah satu komponen utama dalam pola hidup sehat seperti yang dikampanyekan oleh pemerintah. 

Tim KKN tematik UPI kelompok wilayah cimaung mencoba meyiasati permasalahn yang ada di SD Pasir sereh mengenai kesadaran aktivitas gerak dengan mengadakan sosialisasi di kelas dan melakukan gerak jalan sehat bersama. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan