Mohon tunggu...
Ahmad Ali Akbar Ustadi Sadali
Ahmad Ali Akbar Ustadi Sadali Mohon Tunggu... Yakin usaha sampai

Teknologi industri pertanian angkatan 2017

Selanjutnya

Tutup

Media

Sikap Ilmiah untuk Berantas Persebaran Berita Hoaks

28 Mei 2020   20:31 Diperbarui: 28 Mei 2020   20:49 8 0 0 Mohon Tunggu...

Pada era ini persebaran berita oleh media sangat tidak bisa dibendung, puluhan bahkan ratusan kabar berita dari seluruh media menyajikan konten yang menarik, bermanfaat  bahkan ada juga yang bersifat provokatif, oleh sebab itu sebagai generasi kaum intelektual harus dapat memilih dan memilah mana  yang seharusnya dapat dipakai sebagai acuan kebenaran.

Berikut adalah 8 sikap yang harus dimiliki oleh kaum intelektual :

1. Mampu membedakan Fakta dan Opini

Didalam melakukan riset kebenaran informasi yang dibawakan oleh media kita harus mampu membedakan antara fakta dan opini didalam berita tersebut, bisa saja dalam satu berita terdapat banyak fakta atau sebaliknya isi dari pemberian informasi hanya didasari opini semata tanpa memberi fakta yang valid.

2. Membuat Hipotesa yang ilmiah dan kritis

Ketika kita sudah dapat membedakan fakta  dan opini dari suatu berita yang kita anggap menarik untuk ditelusuri, langkah selanjutnya yaitu membuat kemungkinan kemungkinan kebenaran yang sesungguhnya terjadi tanpa ada opini didalamnya.

3. Mengembangkan Keingintahuan

Setelah menentukan hipotesa, langkah selanjutnya yaitu mencari informasi serupa dari berbagai sumber, guna berusaha memperluas pengetahuan dan wawasan. Berusaha tak ketinggalan satu beritapun untuk diuji kebenarannya.

4. Peduli terhadap lingkungan

Bukan berarti ketika kita sedang menguji kebenaran suatu berita membuat kita lupa akan lingkungan sekitar di masyarakat karena tahap selanjutnya yaitu mengajukan pertanyaan kepada seorang yang dinilai mampu memberi penilaian secara akurat terhadap kebenaran berita tersebut.

5. Berani dan Santun dalam Mengajukan Pertanyaan dan Argumentasi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x