Mohon tunggu...
usman santosa
usman santosa Mohon Tunggu... ...

Pencinta Kehidupan

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Hikmah di Balik Pandemi Covid-19

13 Mei 2021   09:57 Diperbarui: 13 Mei 2021   10:01 20 1 0 Mohon Tunggu...

Banyak sekali hal hal positif sejak terjadinya pandemi global covid 19, diantaranya adalah:

Akibat adanya pembatasan sosial baik yang berskala besar, menengah dan kecil, otomatis terjadi penurunan penggunaan alat transportasi umum maupun pribadi akibat itu semua penggunaan BBM berkurang,polusi udara yang diakibatkan pembakaran fosil berkurang, kualitas udara membaik.

Desa desa yang selama ini banyak ditinggalkan oleh para penghuninya, kembali dihuni warga, karena warga tersebut disamping bisa bekerja lewat online bisa juga menggarap lahan yang selama ini ditelantarkan terkhusus di banyak negara maju (Jepang, Skandinavia, Amerika Serikat dll).

Pandemi Covid 19 juga mampu merubah perilaku masyarakat dalam bekerja, banyak lapangan kerja baru terbentuk semisal bisnis online, berkebun dan berternak yang selama ini kurang diminati oleh kalangan muda.

Akibat jalan raya di kota lalu lintas makin lancar, warga mulai beralih ke sepeda yang selama ini cuma sekedar untuk olah raga, sekarang juga digunakan untuk sarana transportasi menuju tempat kerja..

Intinya adalah banyak hikmah, banyak sisi sisi positif akibat pengaruh pandemi global covid 19 yang bisa dipetik jika semua pihak mau memetiknya.

Meratapi pandemi global covid 19 disamping tidak menyelesaikan masalah dan justru menambah masalah bukan pilihan bijak.

Alangkah baiknya jika bisa mengambil hikmahnya, sekecil apapun hikmah yang bisa dipetik akan membantu menyelesaikan masalah.

RRC adalah contoh negara baik secara kelembagaan maupun secara individu dari warganya yang mampu mengambil hikmah dari pandemi global covid 19.

Hal tersebut bisa dibuktikan salah satunya lewat pertumbuhan ekonomi RRC yang mencapai lebih dari 18,5% untuk tahun 2020, memang luar biasa...

VIDEO PILIHAN