Mohon tunggu...
Himma Ragillia DPM
Himma Ragillia DPM Mohon Tunggu... Mahasiswa - UPI

Mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Korea, Universitas Pendidikan Indonesia yang sedang belajar tentang dirinya dan berbagai ilmu dunia,

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

KKN TEMATIK UPI Gelombang 2: Meningkatkan Literasi di Tengah Pandemi, Bisa Sampai Terbiasa

25 September 2021   18:30 Diperbarui: 25 September 2021   18:32 32 1 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
KKN TEMATIK UPI Gelombang 2: Meningkatkan Literasi di Tengah Pandemi, Bisa Sampai Terbiasa
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pendidikan di Masa Pandemi

Masa pandemi merupakan masa-masa sulit bagi kita semua. Dimana pada masa ini, semua sektor kehidupan mengalami penurunan, ketidakstabilan, hingga kemerosotan yang mendalam sehingga berdampak pada masa depan manusia itu sendiri. 

Baik dari sektor ekonomi, bisnis, sosial, tak terkecuali pendidikan. Sektor pendidikan merupakan salah satu sektor yang terkena dampak terbesar karena sektor pendidikan mengalami perubahan drastis dalam konsep dan pelaksanaannya sehingga diperlukan berbagai macam cara adaptasi dan pemulihan untuk kembali menegakkan tiangnya. 

Pendidikan Indonesia yang utamanya dilaksanakan di lingkungan formal, kini harus didorong untuk bisa dilaksanakan di lingkungan informal, lebih tepatnya lingkungan rumah menjadi tempat utama kegiatan belajar mengajar. 

Hal ini tentu sangat mengubah tata cara kegiatan belajar mengajar, dari yang awalnya bisa tatap muka, menjadi tatap maya. 

Pada awalnya fokus dengan perangkat guru dan murid, menjadi ditambah dengan orang tua murid sebagai penyokong kegiatan belajar mengajar di rumah. Untuk sekolah kelas tinggi seperti SMP dan SMA mungkin tidak terlalu memerlukan bantuan orang tua untuk mengakses berbagai macam aplikasi untuk bisa bersekolah online. 

Namun untuk siswa-siswi TK, SD yang masih perlu bimbingan penuh orang tua akan gadget dan teman-temannya, tentu memerlukan perhatian dan waktu yang lebih untuk bisa beradaptasi dengan kegiatan 'sekolah online' yang berbeda. Jika tidak dibantu atau didukung dengan orang sekitar, kegiatan belajar mengajar untuk semua tingkat dapat terganggu. 

Literasi di Masa Pandemi

Kegiatan belajar mengajar yang terganggu, bisa menyebabkan turunnya semangat dan motivasi anak untuk belajar. Sudah banyak penelitian yang menghubungkan minat dan siswa akan suatu hal dengan motivasi belajar. 

Sebagai seorang pelajar yang juga sedang mengejar gelar, pada keadaan seperti ini dirasa motivasi belajar, terutama untuk menulis dan membaca menjadi berkurang. Padahal, menjadi malas untuk belajar dan meraih ilmu bukan kegiatan yang tepat untuk diterapkan di masa penuh cobaan ini. 

Kegiatan membaca dan menulis seakan menjadi kegiatan tersier yang jauh dari kata primer, karena terusik dengan goncangnya sektor kehidupan lain yang dirasakannya. 

Menenangkan diri dan berusaha terus tetap sehat dan bahagia agaknya menjadi kegiatan terpenting untuk tetap bisa 'sadar' di tengah gilanya perubahan dunia. Namun, kita tidak bisa terus terlena dengan menyebut hal itu sebagai 'pertahanan diri', padahal bisa berujung pada kemalasan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan