Mohon tunggu...
tri wahyuni
tri wahyuni Mohon Tunggu... adeuny

lugu dan sederhana

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Tangkal Hoaks tentang Air Bersama Danone Aqua

2 Oktober 2019   11:35 Diperbarui: 2 Oktober 2019   11:38 46 0 0 Mohon Tunggu...

Air adalah salah satu anugerah Tuhan yang yang wajib kita syukuri keberadaannya. Bahkan untuk membayangkan ketidakadaannya pun aku tak berani sedikitpun saking butuhnya kita dengan air. Kehidupan kita sama sekalu tidak bisa terlepas dengan air. Mulai dari mandi, mencuci baju, cuci piring, bahkan sampai untuk masak dan kita konsumsi. 

Alhamdulillah Senin 30 Oktober lalu di Surabaya, aku mendapatkan kesempatan untuk bisa menghadiri undangan dari Danone dalam tema Hydration Talk. Iya betul air ini adalah salah satu hal penting yang sering kali terlupakan oleh kita. Narasumber yang hari untuk berbagi ilmu yakni:
1. Pak Arif Mujahidin
2. Dr. dr. Diana Sunardi, M.Gizi, Sp.GK
3. dr. Nurul Ratna Mutu Manikam, M.Gizi, Sp.GK

Sebelum lebih lanjut membahas tentang hidrasi, aku ingin membahas tentang air. Iya ternyata keberadaan air sendiri ini masih hanya ada di bumi, untuk di planet lain masih di cari tau keberadaannya, jadi kita wajib banget melindungi bumi kita, menjaga kelestarian alamnya agar air bisa terus ada di bumi. Bisa tetap terjaga hingga anak cucu kita nanti.

Segala apa yang kita masukkan ke dalam tubuh itu sangat berpengaruh terhadap kesehatan tubuh kita. Kurang lebih 50-60% tubuh manusia tersusun dari air dan berbagai organ seperti ginjal, otak, dan otot mengandung 70-80% air. 

Pemenuhan kebutuhan cairan tubuh menjadi hal penting yang harus diperhatikan sebab dapat berpengaruh terhadap kesehatan, kebugaran, serta kinerja tubuh seseorang.

dokpri
dokpri
Sayangnya masih minim informasi mengenai berbagai jenis Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) dan manfaatnya, memunculkan banyak kekeliruan yang berkembang di masyarakat. 

Jika dulu jargon kesehatan yang wajib kita tau yakni 4 sehat 5 sempurna, kalau kini ada tumpeng gizi, dan ternyata air merupakan bagian dari zat gizi yang sering kali terlupakan. 

Dalam rekomendasi yang dikeluarkan Kementerian Kesehatan di Tumpeng Gizi Seimbang, terlihat bahwa selain memenuhi karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral, kita juga harus memenuhi kebutuhan air dengan rekomendasi delapan gelas sehari.

Hal ini diperlukan untuk mencegah dehidrasi atau ketidakseimbangan kebutuhan cairan tubuh yang dapat menyebabkan gangguan kesehatan.Banyak sekali efek samping demam, salah satunya adalah dehidrasi. Tubuh demam akan mengalami kenaikan suhu sehingga tubuh terasa panas.

Saat inilah cairan di dalam tubuh seperti menguap dan tubuh mudah sekali mengalami dehidrasi. Penting banget untuk menerapkan kebiasaan minum air untuk menjaga kecukupan hidrasi agar tubuh tetap sehat. Penyakit batu ginjal itu bisa tanpa keluhan lho, terus tiba-tiba badan bengkak dan kena ginjal kronis.

Banyak banget yang ternyata aku baru tau kalau selama ini yang beredar di masyarakat itu tidak sepenuhnya betul alias hoax. Iya sebagai orang awam kita pasti sering iya iya saja kan, bahkan tidak jarang kan kita mengikuti alurnya atau malah menyebarkan hoax tersebut, sedih ya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x