Mohon tunggu...
Unu Nurahman
Unu Nurahman Mohon Tunggu... Guru - Guru SMAN 1 Leuwimunding Kabupaten Majalengka dan Dosen Fakultas Ilmu Budaya Prodi Bahasa dan Sastra Inggris Universitas Sebelas April Sumedang

Nama: UNU NURAHMAN, S.S.,M.Pd. Pendidikan: S-1 Bahasa dan Sastra Inggris STBA Sebelas April Sumedang S-2 Pendidikan Bahasa Inggris Unindra PGRI Jakarta Pekerjaan: Guru/PNS

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Mengenang Satu Abad Tragedi Pembunuhan Presiden Amerika Serikat William Mc Kinley

22 September 2021   02:21 Diperbarui: 22 September 2021   02:45 214 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Mengenang Satu Abad Tragedi Pembunuhan Presiden Amerika Serikat William Mc Kinley
Presiden AS William McKinley Ditembak di Buffalo, New York pada 6 September 1901. Sumber foto: tribunnewswiki.com

Mengenang Satu Abad Tahun Tragedi Pembunuhan Presiden Amerika Serikat William McKinley 

14 September 1901

Kematian McKinley yang merupakan tragedi ke-3 pembunuhan Presiden AS mendapat simpati dan belasungkawa yang mendalam dari rakyat AS dan dunia internasional.

Pada 06 September 1901 rakyat Amerika Serikat dikagetkan oleh berita penembakan Presidennya ke-25, William McKinley yang sedang sedang menghadiri pameran Pan-Amerika di New York oleh Leon Czolgosz; seorang imigran Polandia berusia 28 tahun. 

Setelah mendapat perawatan medis di Buffalo Hospital selama 8 hari, Presiden McKinley meninggal tepat pukul 02.15 pagi 14 September 1901 dan pada sorenya Wapres, Theodore Roosevelt disumpah menjadi Presiden Amerika Serikat ke-26.

Penembakan McKinley, Presiden AS ke-25 merupakan tragedi yang ke-3. Sebelumnya,  Presiden AS ke-16 Abraham Lincoln ditembak oleh John Wilkes Booth pada tanggal 14 April 1865 dan meninggal besok harinya. 

16 tahun kemudian tepatnya tanggal 02 Juli 1881, James Abram Garfield, Presiden AS ke-20 ditembak oleh Charles J Guiteau, Garfield meninggal 19 September 1881 karena luka bekas penembakan yang dilakukan oleh Guiteau.

Mendiang McKinley bukan saja mendapatkan simpati dan belasungkawa yang mendalam dari rakyat AS sendiri tetapi dari dunia internasional. Raja raja di Eropa seperti Raja Edward VII dari Inggris mengumumkan hari berkabung nasional untuk mengenang kepergian McKinley.

Investigasi Kepolisian

Selama beberapa hari Leon Czolgosz, ditahan oleh kepolisian Michigan. Dari interogasi kepolisian diketahui bahwa Czolgosz merupakan pengikut gerakan anarkis Amerika dan penganut sosialisme. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan