Mohon tunggu...
Universitas Ahmad Dahlan
Universitas Ahmad Dahlan Mohon Tunggu... Lainnya - Perguruan Tinggi Muhammadiyah

Perguruan Tinggi Muhammadiyah

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Memahami Peristiwa Isra Mikraj

28 Februari 2024   16:18 Diperbarui: 28 Februari 2024   16:38 16
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pengajian dalam rangka memperingati Isra Mikraj dan menyambut bulan Ramadan KKN Universitas Ahmad Dahlan (UAD) di Dusun Bajang (news.uad.ac.id) 

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Reguler 119 Unit X.B.3 Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menyelenggarakan acara pengajian rutin dalam rangka Isra Mikraj dan menyambut datangnya bulan suci Ramadan pada Selasa, 20 Februari 2024. Acara ini berlangsung di Masjid Al-Ikhlas, Bajang, Wijirejo, Pandak, Bantul.

Isra Mikraj merupakan mukjizat Nabi Muhammad saw. yakni berupa perintah salat yang diturunkan oleh Allah Swt. secara langsung kepada Nabi Muhammad saw. dengan melalui perjalanan menuju langit ke-7 yang terjadi dalam satu malam. Isra dan Mikraj dibagi menjadi dua peristiwa yakni Isra dimaknai dengan perjalanan malam hari yang dilaksanakan oleh Rasulullah saw. 

dari Kakbah (Makkah) menuju Baitulmakdis (Yerusalem/Madinah). Sedangkan, Mikraj dimaknai dengan kenaikan, yakni saat Allah Swt. mengangkat Nabi Muhammad saw. dari Baitulmakdis melewati langit ke-7 menuju Sidratulmuntaha.

Acara dibuka oleh Setya Pandu dan Ela Sarmasela selaku master of ceremony (MC), dilanjutkan dengan pemberian sambutan dari Endi Nurnawanta selaku Takmir Masjid Al-Ikhlas. Lalu, acara dilanjutkan dengan penyampaian ceramah oleh Wardiman yang berkaitan dengan sejarah Isra Mikraj, persiapan Ramadan, serta diselipkan juga pembahasan tentang keharmonisan rumah tangga. Di sela-sela pemberian materi, Wardiman turut mengajak jamaah untuk bersalawat tentang salat agar warga tidak merasa bosan ketika mendengarkan ceramah.

Sebanyak sembilan mahasiswa KKN dari berbagai program studi yang ada di UAD turut serta menyukseskan acara ini. Mereka adalah M. Fauzan, Rahmadian Iqbal, Khoirul Rijal, Widyaislami Castarena, Devi Cyndiyana, Novia Ayu, Laudza Salma, Setya Pandu, dan Ela Sarmasela.

Warga terlihat sangat antusias untuk mengikuti acara sehingga masjid penuh oleh jamaah. Wardiman selaku pengisi acara mengatakan, "Pengajian ini terlihat bahwa masyarakat Bajang sangat antusias hingga meningkat tiga kali lipat dari yang sebelumnya."

Sementara itu, M. Fauzan selaku ketua Unit KKN X.B.3 mengungkapkan, "Kami sangat bangga dapat menyelenggarakan acara Isra Mikraj dan menyambut datangnya bulan suci Ramadan dengan lancar terlihat antusiasme warga untuk menghadiri pengajian juga tinggi. Kegiatan ini tidak hanya untuk mempererat hubungan antarwarga, tetapi juga memperkuat spiritualitas dan kebersamaan dalam menjalankan ibadah. Diharapkan dapat menjadi motivasi bagi kita semua untuk meningkatkan kualitas ibadah dan menjalankan kegiatan positif di bulan suci Ramadan mendatang." (Lid)

uad.ac.id

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun