Mohon tunggu...
Universitas Ahmad Dahlan
Universitas Ahmad Dahlan Mohon Tunggu... Lainnya - Perguruan Tinggi Muhammadiyah

Perguruan Tinggi Muhammadiyah

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

UAD Tingkatkan Publikasi Artikel Dosen Melalui Workshop Menulis

28 Februari 2024   12:14 Diperbarui: 28 Februari 2024   12:26 41
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dosen-dosen Universitas Ahmad Dahlan (UAD) hadiri Workshop Penulisan Artikel di Media Massa (Foto: Bidang Humas & Protokol UAD) 

Pada Senin, 26 Februari 2024, Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menyelenggarakan Workshop Penulisan Artikel di Media Massa yang bertempat di Hotel Grand Rohan Yogyakarta. Acara yang melibatkan para dosen dari setiap fakultas di UAD ini menitikberatkan pada strategi penulisan yang efektif, pemahaman tentang standar redaksi media massa, serta praktik langsung dalam merumuskan dan menyusun artikel yang menarik. Turut hadir dalam acara ini para praktisi dari media massa, Febrianto Adi Saputro dan Dr. Hadi Suyono, S.Psi, M.Psi.

Publikasi di media massa menjadi salah satu bentuk efektif untuk menyampaikan hasil penelitian dan pemikiran ilmiah kepada masyarakat. Artikel populer, opini, atau materi informatif dapat menyajikan konsep-konsep ilmiah secara sederhana dan mudah dipahami oleh semua lapisan masyarakat. Dengan demikian, tulisan dapat memberikan edukasi dan pemahaman yang lebih luas mengenai isu-isu penting dalam berbagai bidang, termasuk juga di dalamnya peningkatan citra positif program studi, fakultas, hingga universitas.

Adapun kegiatan ini bertujuan untuk memberikan dorongan kepada para dosen agar lebih aktif dalam mempublikasikan penelitian dan kontribusi ilmiah mereka, sejalan dengan prinsip-prinsip Catur Dharma Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan 'Aisyiyah (PTMA) yang mencakup pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, serta Al-Islam dan Kemuhammadiyahan. Selain itu, kegiatan ini menjadi langkah strategis dalam mendukung peningkatan publikasi dosen di media massa, yang diharapkan dapat memperluas pengaruh dan kontribusi ilmiah universitas ke masyarakat luas.

Ariadi Nugraha, S.Pd., M.Pd. selaku Kepala Bidang Humas dan Protokol UAD melaporkan bahwa penulisan dan publikasi artikel dosen-dosen di UAD terus meningkat setiap tahunnya. "Perkembangan penulisan artikel selama tiga tahun berturut-turut bisa melampaui standar mutu UAD. Pada 2023 berhasil melampaui angka 10% dari jumlah dosen di UAD. Tahun 2024 terus naik ke angka 12%. Diharapkan publikasi dosen setelah ini dapat terus ditingkatkan," jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Rektor UAD Prof. Dr. Muchlas, M.T. menyambut positif diadakannya kegiatan ini. "Saya sangat berkeinginan bahwa branding UAD tidak hanya diberikan oleh tim-tim tugas di UAD, melainkan juga para dosen. Branding ini di dalamnya termasuk soft promotion melalui media massa," ujarnya.

Menutup sambutannya, Prof. Muchlas berpesan, "Kita harus mampu menjadi interface antara keilmuan kita dengan masyarakat. Dosen-dosen perlu membungkus tulisan-tulisannya ke dalam bahasa yang lebih sederhana sehingga akan mudah dipahami oleh masyarakat," ungkapnya. (Lid)

uad.ac.id

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun