Mohon tunggu...
Universitas Ahmad Dahlan
Universitas Ahmad Dahlan Mohon Tunggu... Lainnya - Perguruan Tinggi Muhammadiyah

Perguruan Tinggi Muhammadiyah

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Dosen UAD Raih Hibah Dana RisetMu 2022

30 November 2022   10:40 Diperbarui: 30 November 2022   10:40 79
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Aster Rahayu, S.Si., M.Si., Ph.D. dosen Magister Teknik Kimia Universitas Ahmad Dahlan (UAD) (Foto: Istimewa)

Aster Rahayu, S.Si., M.Si., Ph.D., dosen Magister Teknik Kimia Universitas Ahmad Dahlan (UAD) berhasil menjadi salah satu penerima pendanaan Hibah RisetMu Batch VI Tahun 2022. Majelis Pendidikan Tinggi, Penelitian, dan Pengembangan (Diktilitbang) Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah selaku penyelenggara program, mengumumkan hasil tersebut di laman web pada Jumat, 25-11-2022.

Aster terpilih dalam skema penelitian dasar dengan mengusung judul penelitian berupa "Sintesis Polimer Anion Exchanger dari Cangkang Cacao dengan 2-[(Methacryloyloxy)Ethyl]Trimethylammonium sebagai Adsorben Ion Nitrat an Posfat pada Limbah Industri Gula".

Dalam pelaksanaan penelitian, ia bekerja bersama dengan 2 anggota lain yaitu Dr. Ir. Siti Jamilatun, M.T. (Kaprodi Magister Teknik Kimia UAD) dan Nuraini (mahasiswa Magister Teknik Kimia UAD).

Hibah RisetMu sendiri merupakan program yang telah dilaksanakan oleh Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah sejak 5 tahun terakhir. Program tersebut mendorong intensifikasi dan diversifikasi penelitian tentang dinamika serta inovasi di lingkungan persyarikatan Muhammadiyah.

Di dalamnya terdapat 5 skema penelitian yang terdiri atas penelitian dasar, penelitian terapan, penelitian kerja sama, penelitian pengembangan, dan publikasi manuskrip, serta 1 skema pengabdian berupa pengabdian kepada masyarakat. Hibah RisetMu diikuti oleh para dosen di lingkungan Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan 'Aisyiyah (PTMA).

Selain Aster, di Fakultas Teknologi Industri (FTI) UAD terdapat juga dosen lain yang menerima hibah tersebut. Beberapa di antaranya adalah Phisca Aditya Rosyady, S.Si., M.Sc. dengan judul penelitian "Prototype Sistem Monitoring Cairan Infus dengan Menggunakan Load Cell Berbasis Mikrokontroler".

Kemudian ada Safinta Rahmadhia, S.Si., M.Sc. dengan judul penelitian "Studi Pangan Fungsional Pencegah Hipertensi dari Tempe Biji Lamtoro (Leucaena Leucocephala)". Disusul oleh Titisari Juwaningtyas, S.T.P., M.Sc. dengan judul penelitian "Karakteristik Asam Lemak, Nilai Asam Lemak Bebas, Nilai Kalori, dan Penerimaan Organoleptik Selai Cokelat Terfortifikasi Virgin Coconut Oil sebagai Cocoa Butter Substitute (CBS)". (tsa/fkr)

uad.ac.id

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun