Mohon tunggu...
Universitas Ahmad Dahlan
Universitas Ahmad Dahlan Mohon Tunggu... Lainnya - Perguruan Tinggi Muhammadiyah

Perguruan Tinggi Muhammadiyah

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Mahasiswa UAD Raih Juara 1 Hafalan 100 Hadis

27 September 2022   08:21 Diperbarui: 27 September 2022   09:39 75 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Mevia Aldira, mahasiswa Program Studi Ilmu Hadits Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) (Foto: Istimewa/Dok Mevia Aldira)

Mevia Aldira, mahasiswa Program Studi Ilmu Hadits Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) berhasil menjadi juara I dalam ajang lomba hafalan 100 hadits yang diselenggarakan oleh Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) Kota Yogyakarta. Acara ini digelar pada Sabtu, 17 September 2022, bertempat di Balai Kota Yogyakarta.

Mahasiswa yang juga merupakan santri di Pesantren Mahasiswa K.H. Ahmad Dahlan (Persada) itu mengaku bersyukur ketika memperoleh juara. Melalui perlombaan ini, ia ingin menambah pengalaman, melatih soft skill, menambah relasi, dan yang paling utama ingin membanggakan orang tua.

"Sebelumnya saya pernah mengikuti perlombaan di Provinsi Bali, dan lomba semacam ini dilakukan setiap dua tahun sekali. Kemudian setelah kuliah di Yogya, teman saya memberi tahu informasi mengenai Seleksi Tilawah Qur'an Hadis (STQH) tingkat Yogya akan dilaksanakan, dan saya ditawari untuk mewakilinya," terang Mevia ketika ditanya pada Selasa, (20-08-2022).

Selain persiapan materi, ia juga mempersiapkan mental sebelum perlombaan. Sikap optimis turut ia tanamkan agar dapat memberikan tampilan yang terbaik. Meskipun dirinya tergabung dalam kepanitiaan Program Pengenalan Kampus (P2K), ternyata tidak menyurutkan semangat dalam persiapan perlombaan. Ia mengaku sedikit kesulitan dalam membagi waktu. Meski begitu, juara pertama akhirnya berhasil ia peroleh dari total peserta sebanyak lima belas orang.

Terakhir, Mevia berpesan bahwa segala sesuatu yang kita peroleh bukan karena kita hebat melainkan karena Allah yang senantiasa memudahkan segala urusan kita. Ia juga menggarisbawahi bahwa optimisme dan sikap tidak mudah menyerah adalah modal yang besar untuk para juara. (wid)

uad.ac.id

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan