Mohon tunggu...
Universitas Ahmad Dahlan
Universitas Ahmad Dahlan Mohon Tunggu... Lainnya - Perguruan Tinggi Muhammadiyah

Perguruan Tinggi Muhammadiyah

Selanjutnya

Tutup

Joglosemar

BPSMI DIY Gandeng UAD Jadi Tuan Rumah Peksimiprov Tangkai Lomba Sastra

2 September 2022   11:19 Diperbarui: 2 September 2022   11:37 39 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Rektor UAD, Dr. Muchlas M.T., membuka kegiatan Peksimiprov DIY 2022 di Universitas Ahmad Dahlan (UAD) (Foto: Gufron)

Badan Pembina Seni Mahasiswa Indonesia (BPSMI) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) bekerja sama dengan Universitas Ahmad Dahlan (UAD) pada Selasa, 30 Agustus 2022, menyelenggarakan Pembukaan dan Technical Meeting Pekan Seni Mahasiswa Provinsi (Peksimiprov) DIY Tangkai Lomba Sastra. Acara berlangsung di Ruang Serbaguna Lantai 10 Kampus IV UAD.

Peksimiprov adalah Pekan Seni Mahasiswa Provinsi yang diselenggarakan oleh BPSMI Indonesia guna memberikan wadah kepada para mahasiswa dalam meningkatkan kualitas dan kemampuan praktis. Khususnya, dalam bidang seni baik seni suara, pertunjukan, seni rupa, dan juga sastra.

Hadir secara langsung Rektor UAD Dr. Muchlas, M.T., Ketua BPSMI DIY Muhammad Sholahuddin, S.Sn., M.T., Sekretaris BPSMI DIY Dr. Cipto Budy Handoyo, M.Pd., Bendahara BPSMI DIY Drs. Sumarjono, M.Si., Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UAD Dr. Gatot Sugiharto, S.H., M.H., Kepala Biro Kemahasiswaan dan Alumni UAD Choirul Fajri, S.I.Kom., M.A., Kabid. Pokpresma Danang Sukantar, M.Pd., Ketua Panitia (Peksimiprov) Tangkai Lomba Sastra Dr. Dedi Pramono, M.Hum., serta para Dewan Juri Tangkai Lomba Sastra.

Dedi Pramono melaporkan terdapat lima cabang tangkai lomba sastra, yakni baca puisi putra, baca puisi putri, penulisan puisi, penulisan cerita pendek (cerpen), dan penulisan lakon. "Sebanyak 64 mahasiswa yang terdiri atas 10 peserta membaca puisi putra, 16 membaca puisi putri, 19 peserta menulis puisi, 10 peserta menulis cerpen, serta 9 peserta penulisan lakon dari berbagai perguruan tinggi di DIY turut dalam ajang ini," paparnya. "Dengan dibantu 12 dewan juri yang berkompeten dalam bidangnya, para juara akan dibawa untuk mewakili DIY ke Peksiminas di Universitas Brawijawa, Malang, pada Oktober 2022 nanti."

Hal tersebut dibenarkan oleh Sholahuddin bahwa Peksimiprov DIY tangkai lomba sastra yang diselenggarakan di UAD ini untuk menjaring mahasiswa bertalenta dalam bidang baca puisi, penulisan puisi, cerpen, dan lakon.

Lebih lanjut, Muchlas dalam sambutannya sekaligus membuka acara menyampaikan ucapan terima kasih kepada BPSMI DIY yang telah memberi kepercayaan kepada UAD untuk menjadi tuan rumah dalam tangkai lomba sastra. "Melalui kegiatan ini dapat menjadi ajang mahasiswa untuk memupuk spirit persahabatan, kerja sama, sportivitas, dan terpenting menjalin persaudaraan serta kesatuan antarmahasiswa dari segala aspek, terutama aspek seni dan sastra," jelas Muchlas dalam sambutannya.

Bagi Muchlas, di tengah era perubahan yang dinamis ini membutuhkan kemampuan yang perlu ditingkatkan di antaranya kemampuan berbahasa, teknologi, dan entrepreneur yang penuh dengan ide kreatif serta inovatif. "Sebagai bentuk ekspresi rasa keindahan, diharapkan tidak hanya sekadar kegiatan lomba untuk mencari kemenangan tetapi juga berlomba-lomba dalam kebaikan. Selain itu, mampu menumbuhkan kemampuan para mahasiswa terutama dalam bakat seni sastra," tutup Muchlas. (guf)

uad.ac.id

Mohon tunggu...

Lihat Konten Joglosemar Selengkapnya
Lihat Joglosemar Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan