Unggul Sagena
Unggul Sagena Pekerja Sosial

Suka Menulis. Suka Berteman. Suka Pasir Pantai. Pengelola Akun @unggulcenter dan Blog www.unggulcenter.org

Selanjutnya

Tutup

Tekno Artikel Utama

Yakin Aman? Ini 3 Cara Melacak Lokasi via Handphone!

29 November 2017   20:59 Diperbarui: 30 November 2017   11:23 2400 9 6
Yakin Aman? Ini 3 Cara Melacak Lokasi via Handphone!
Sumber ilustrasi: Getty Images

Banyak orang menggunakan handphone untuk beragam aktivitas. Terkait dengan itu, tentu handphone merupakan alat yang paling "empuk" untuk mengetahui data-data pribadi termasuk kontak, percakapan, tulisan, jejak browsing, dan informasi sensitif lainnya.

Apalagi, saat ini semua orang sudah menghidupkan GPS (Global Positioning System) di mana pelacakan bisa terjadi sangat mudah. Tentu karena posisi kita (posisi handphone) terlacak dengan cantik melalui satelit. 

Itu hal PERTAMA. Jadi, jika tak ingin terlacak, matikan GPS di handphone. Itu akan repot sih, karena memesan aplikasi online misal Gojek atau Grab pun memerlukan GPS. Menjadi kontributor Google dengan google local guides-nya memerlukan GPS. Semua dilacak, terlacak. 

Kedua, jika Anda matikan GPS, akan dilacak melalui tower BTS yang merupakan sinergi dari tiga atau lebih sinyal BTS dari operator yang mampu memetakan di mana posisi Anda berada. Jika handphone masih memancarkan sinyal (operator ON) maka Anda masih bisa dilacak. Jadi, langkah kedua, matikan koneksi sinyal.

Ketiga, dengan menanam spyware di handphone Anda melalui aplikasi bawaan, donlod dari Google Play tidak sengaja dan seterusnya yang intinya, ada sesuatu aplikasi yang mengirim sinyal ke institusi tertentu untuk melacak. Tentu, tak perlu GPS dan Tower BTS, karena otomatis akan mengirimkan melalui mekanisme software yang ada. 

Untuk itulah, perusahaan-perusahaan telco yang memiliki produk ponsel biasanya saling curiga. AS dikabarkan menolak masuknya handphone merk Huawei karena perusahaan ini telco-nya China. Sebaliknya, Korut pun menolak Apple karena perusahaan AS ini dapat saja menyembunyikan spyware di dalam handset-nya.

Lalu, bagaimana dengan mematikan handphone? Bisakah dilacak? Bisa.

Ternyata, yang dimaksud "dimatikan" kalau hanya switch off itu sebenarnya posisi "sleep". Secara umum kalau Anda bisa bilang, "Siapa gue penting juga ngga" maka Anda bisa saja aman. Anggaplah tak bisa dilacak. Tapi, lokasi terakhir, sinyal terakhir dan seterusnya bisa menjadi dasar menentukan lokasi sekarang. Kemudian, malware dan spyware yang terinstall dapat mengirimkan lokasi. 

Agar aman, CABUT baterai handphone Anda karena spyware, maupun mekanisme pelaporan akan tak berdaya tanpa adanya daya dari handphone. Celakanya, handphone sekarang banyak berdesain UNIBODY alias batere tanam dan tidak bisa dicopot. Jadi, pasrah saja kalau memang Anda "orang penting" dan institusi tertentu dapat melacak keberadaan Anda.

Yes, Big Brother is watching.