Mohon tunggu...
umsofficialid
umsofficialid Mohon Tunggu... Penulis - Dikelola oleh Bidang Humas Universitas Muhammadiyah Surakarta

UMS Unggul Mencerahkan Semesta

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Alhamdulillah, Tim "Halo Dek" UMS Jadi Juara Harapan di Gemastik 2022

26 November 2022   15:59 Diperbarui: 26 November 2022   16:03 216
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Tim 'Halo Dek' UMS Jadi Juara Harapan di Gemastik 2022. Foto Humas UMS

ums.ac.id, Surakarta - Tim 'Halo Dek' Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menjadi juara harapan di ajang GEMASTIK (Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi) 2022 yang diselenggarakan di Universitas Brawijaya, Malang, 21-25 November 2022.

Pada Gemastik ke 15 ini, tim 'Halo Dek' berkompetisi di Divisi 2 Keamanan Siber dengan beranggotakan 3 orang, Bayu Fedra A (Teknik Informatika 2020), Muhammad Wahyu Syafi'udin (Teknik Informatika 2021) dan Zavier Ferodova Al Fitroh (Teknik Informatika 2021).

Sebelum lolos menjadi finalis, 'Halo Dek' harus melewati online qualification dengan melawan sebanyak lebih dari 250 tim dan hanya diambil 20 tim terbaik untuk bertanding secara langsung di Malang.

Dalam babak kualifikasi tersebut, tim diberikan beberapa tantangan yang mengadopsi sistem kompetisi Jeopardy. Terdapat beberapa kategori soal keamanan siber dalam penyisihan ini, yaitu Cryptography, Digital Forensic, Web Exploitation, Reverse Engineering, dan PWN/Binary Exploitation.

Fedra menjelaskan pada Gemastik 2022, finalis divisi keamanan siber diminta untuk saling menyerang dan mengamankan server.

"Jadi bagaimana kita mengamankan server tadi, setelah coba kita amankan, kita coba serang tim lain. Dan waktu diserang kita juga melakukan analisis serangan. Kalau misal server kita diserang, bagaimana cara kita menyikapinya, bagaimana cara membuat server kita tadi lebih kuat," jelas Fedra, Sabtu, (26/11)

Fedra juga berharap agar adik adik tingkat di kampusnya tidak takut untuk mengikuti kompetisi, serta dia berupaya menumbuhkan bibit kepada mahasiswa UMS.

"Semoga UMS bisa lebih mendukung kegiatan-kegiatan seperti ini, dengan cara adanya pembibitan, dan kalau buat ade
Ik-adik yang pengen ikut, ikut aja lah, ngga usah takut, ngga usah nunggu harus bisa," harapnya.

Di bawah bimbingan Ir. Bana Handaga, M.T., Ph.D. 'Halo Dek' menjadi juara harapan di Divisi Kemanan Siber pada Kamis (24/11) saat penutupan acara. Juara 1 pada divisi ini diraih oleh Universitas Indonesia, kemudian juara 2 dan 3 diraih oleh Institut Pertanian Bogor, dan disusul oleh Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Kegiatan Gemastik ke-15, tahun 2022 yang mengangkat tema "TIK untuk Indonesia Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat", ditujukan untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa Indonesia, sehingga mampu mengambil peran sebagai agen perubahan dalam memajukan TIK dan pemanfaatannya, baik ketika masih dalam masa studi maupun ketika usai studi. (Maysali/Humas)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun