Mohon tunggu...
Umsida Menyapa
Umsida Menyapa Mohon Tunggu... Jurnalis - Humas

Humas Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Umsida Enterpreneurship Adakan Workshop Knowledge Enterpreneur

3 Oktober 2022   11:17 Diperbarui: 3 Oktober 2022   11:50 53 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

SIDOARJO - Program ISS PKKM Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) Entrepreneurship (UE) telah berproses untuk mewujudkan target kegiatan ini. Tim ISS PKKM UE menguatkan kapasitas mahasiswa yang mengikuti program UE melalui pelaksanaan kegiatan Workshop Knowledge Entrepreneur di Ruang 307 Gedung Kuliah Bersama (GKB 4), Fakultas Sains dan Teknologi, Kampus 2 Umsida, Kamis (29/9).

Beberapa topik yang diangkat dalam Workshop Knowledge Entrepreneur adalah How to Managig Start Up Business, Business Plan melalui Business Model Canvas, Manajemen Keuangan dan Manajemen Usaha serta Branding. Narasumber yang dihadirkan dalam kegiatan ini  Hari Purwanto selaku Owner CV. Artaqilah Berkah. Beliau menyampaikan mengenai manajemen usaha (berupa proses produksi, manajemen kualitas) dan manajemen keuangan berupa perhitungan Harga Pokok Penjualan (HPP), materi Branding terkait legalitas usaha dan produk (merk, logo, PIRT, halal untuk legalitas produk), dan Nomor Induk Berusaha (NIB), surat ijin domisili usaha serta proses pengurusannya.

Selain Hari Purwanto, narasumber lainnya adalah Wiwik Sulistiyowati. Beliau menyampaikan terkait Start Up dan Managing Business berupa karakteristik menjadi wirausaha, prinsip dan How to Get Idea for Build Your Business, serta materi terkait Business Plan melalui Business Model Canvas (BMC). Konten dari BMC adalah menggambarkan usaha yang akan dilakukan atau proses perbaikan. BMC berisi mengenai Value Proposition, Customers, Channel, Customer Relationship, Revenue, Key Resources, Key Partners, Key Activities dan Cost.

Keunggulan BMC adalah kemudahan untuk mengubah model bisnis dengan cepat dan melihat implikasi perubahan suatu elemen pada elemen bisnis yang lain. Konsep model bisnis kanvas merupakan konsep yang dapat menjadi bahasa bersama yang memungkinkan untuk menggambarkan dan memanipulasi model bisnis untuk membuat alternatif kebijakan strategi yang baru.

Dengan adanya kegiatan ini dapat membantu mahasiswa UE dalam penguatan kapasitas mahasiswa UE dari aspek praktik yang didapatkan selama magang ke mitra dan aspek knowledge melalui workhop terkait pengetahuan untuk menjadi wirausaha yang struggle dan mandiri.

 

*Humas Umsida

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan