Mohon tunggu...
UmsidaMenyapa1912
UmsidaMenyapa1912 Mohon Tunggu... Freelancer - Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Kami Instansi yang bergerak di bidang pendidikan

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Isi Kuliah Tamu di Malaysia, Dosen Umsida Bahas Pengaruh Media

19 April 2024   09:30 Diperbarui: 19 April 2024   16:34 88
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sebagai salah satu implementasi Catur Dharma Perguruan Tinggi Muhammadiyah, dua dosen program studi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Ikom Umsida), yaitu Poppy Febriana MMedKom dan Dr Totok Wahyu Abadi MSi turut ambil dalam program visiting lecture (kuliah tamu) di Universitas Tunku Abdul Rahman (UTAR) Malaysia pada Selasa, (16/04/2024).

Lihat juga: Ikuti 6 Program Ini Agar Bisa ke Luar Negeri, Mahasiswa Wajib Catat!

Para dosen ini tidak hanya berperan sebagai pengajar, tetapi juga sebagai visiting lecturers yang memberikan wawasan dan pengalaman baru kepada mahasiswa di UTAR Malaysia.

Topik kuliah tamu

Dengan latar belakang dan pengalaman yang luas dalam bidang komunikasi dan media massa, kedua dosen  tersebut memberikan memberikan materi dalam sebuah kuliah tamu yang mendalam bertem "The Use of Social and Mainstream Media in the 2024 Indonesian Presidential Election". Dalam menyampaikan materinya, mereka membahas tentang peran pentingnya peran media terutama media sosial dalam proses pemilihan presiden (Pilpres) di Indonesia.

"Dalam kuliah tamu kali ini, saya akan menjelaskan tentang bagaimana media sosial seperti Facebook, Twitter, dan Instagram telah menjadi alat yang sangat berpengaruh dalam mempengaruhi hingga membentuk opini publik dan strategi kampanye politik," ujar dekan Fakultas Bisnis, Hukum, dan Ilmu Sosial (FBHIS) tersebut.


Tak hanya itu, sambung Poppy, media sosial juga telah menjadi platform yang sangat berpengaruh dalam politik kontemporer, terutama dalam kampanye politik. Selain itu, beliau juga membahas bahwa media utama seperti televisi, radio, dan surat kabar tetap berperan penting dalam membentuk opini publik.

"Kuliah ini tidak hanya memberikan wawasan baru kepada mahasiswa UTAR Malaysia dan perwakilan mahasiswa dari Umsida tentang perkembangan media saja, tetapi juga memberikan mereka perspektif yang berbeda tentang bagaimana media mempengaruhi kehidupan sehari-hari," tambahnya.

Dok Ikom Umsida
Dok Ikom Umsida

Lihat juga: Lakukan 5 Hal Ini Agar Lolos Beasiswa Luar Negeri

Kegiatan kuliah tamu ini memberikan manfaat ganda bagi kedua universitas dan mahasiswa yang terlibat. Selain memberikan kontribusi berharga bagi mahasiswa di UTAR Malaysia, program ini juga memperluas wawasan dan pengalaman dosen Umsida dalam lingkungan akademik internasional.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun