Mohon tunggu...
Campus News
Campus News Mohon Tunggu... Dosen - Pusat Informasi Kampus

Menyajikan berita seputar kegiatan perguruan tinggi di Indonesia.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

1200 Mahasiswa Baru Ikuti Mastama UM Metro Tahun 2022

10 Oktober 2022   14:33 Diperbarui: 10 Oktober 2022   14:49 58
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Walikota Metro Buka Mastama UM Metro Tahun 2022, Sumber: Dok Pribadi

UM Metro menggelar acara Mastama (Masa Ta'aruf Mahasiswa) kepada mahasiswa baru UM Metro tahun ajaran 2022/2023. Kegiatan yang diselenggarakan di Lapangan Basket UM Metro ini dihadiri oleh kurang lebih 1.200 mahasiswa baru UM Metro yang berasal dari 7 Fakultas berbeda yang telah berhasil lolos seleksi melalui Jalur Masuk Tes Online dan Bebas Tes. Kegiatan hari pertama Mastama ini diawali dengan acara pembukaan yang pada kesempatan ini dilakukan oleh Wali Kota Metro, dr. H. Wahdi Siradjuddin, Sp.OG (K), Jumat (02/09/2022).

Wali Kota Metro menyampaikan bahwa kegiatan mastama ini merupakan latihan bagi masing-masing mahasiswa baru yang ada di UM Metro. "Kegiatan ini (Mastama UM Metro) bagi mahasiswa baru sangat bermanfaat untuk memberikan pembekalan, untuk beradaptasi dengan lingkungan kampus dan segala sistemnya yang akan dihadapi selama perkuliahan, yang tentunya berbeda dengan kehidupan di masa sekolah menengah" bukanya.

Pada pertengahan sambutannya Wali Kota Metro memberikan sebuah pertanyaan mengenai Kemuhammadiyahan. Dua orang mahasiswa baru yang beruntung karena telah berhasil menjawab pertanyaan Wali Kota Metro tersebut mendapatkan hadiah berupa uang tunai dan diberikan kesempatan untuk mendampingi beliau ketika melanjutkan sambutannya.

Wali Kota Metro juga menyampaikan harapannya kepada Seluruh Mahasiswa Baru UM Metro T.A. 2022/2023 untuk bersungguh-sungguh dalam belajar dan meraih pendidikan yang tinggi. "Saya mengharapkan seluruh mahasiswa baru UM Metro dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya dan bersungguh-sungguh belajar serta meraih pendidikan tinggi, sekaligus aktif dalam menambah pengetahuan dengan memanfaatkan teknologi digital secara cerdas".

Beliau menginginkan kelak mahasiswa baru ini akan menjadi insan intelektual yang berwawasan global, kreatif dan inovatif namun tetap menjunjung tinggi nilai-nilai jati diri dan karakter kebangsaan karena anda semua (mahasiswa baru UM Metro) akan menjadi rumpuan perubahan bagi kemajuan bangsa dan negara Indonesia. Sebab jenjang pendidikan yang semakin tinggi juga berarti menuntut untuk membuka fikiran dan wawasan yang lebih tinggi juga.

Tidak lupa, beliau juga meminta jajaran pimpinan dan pada pendidikan Universitas Muhammadiyah Metro memberikan perhatian dan melakukan penguatan pengajaran wawasan kebangsaan, sejalan dengan semangat pendirian kampus ini (UM Metro) sebagai perguruan tinggi pengawal kemerdekaan kebangsaan Indonesia.

"Prinsip Merdeka Belajar Ki Hajar Dewantara yang dicanangkan oleh pemerintah, Perlu dijadikan prinsip dan tekad dari seluruh Civitas Akademika dan para mahasiswa, temasuk mahasiswa baru di UM Metro terutama untuk meningkatkan kegiatan riset dan inovasi" tutupnya.

Acara Pembukaan Mastama berlangsung di bawah cuaca yang tidak terlalu terik ini, kemudian ditutup dengan penerbangan balon dan simbol mastama UM Metro tahun 2022. Serta diakhiri dengan foto bersama antara pimpinan, tamu undangan dan seluruh mahasiswa baru UM Metro yang kemudian akan melanjutkan pelaksanaan mastama di fakultas masing-masing.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun